Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Jumat, 02 Sep 2022 08:12 WIB

TRAVEL NEWS

Filipina juga Punya Ojol lho, Jalannya di Lajur Kanan

Putu Intan
detikTravel
Ojek online kini menjadi mata pencaharian atau pekerjaan bagi para drivernya, berjaket hijau dan helm khas para driver siap mengantar para penumpang.
Ilustrasi ojol. Foto: Rifkianto Nugroho/detikcom
Jakarta -

Tak cuma Indonesia, Filipina juga punya layanan ojek online. Bedanya, ojol di sana lalu lalang di lajur kanan.

Travel influencer Decky Tri membagikan pengalamannya liburan di Filipina. Kepada detikcom, Decky bercerita ia sempat mencoba memesan ojol Filipina yang bernama JoyRide.

"Awalnya penasaran ingin mencoba ojol karena cuma tahu ada di Indonesia, Thailand, dan Vietnam. Ternyata di Filipina juga ada namanya JoyRide, warnanya biru," kata Decky saat ditemui di PIK Avenue, Kamis (1/9/2022).

Sama seperti ojol di Indonesia, untuk menggunakan layanan JoyRide kita perlu memesan melalui aplikasi. Aplikasi JoyRide juga terintegrasi dengan berbagai layanan, tak cuma menawarkan jasa ojek motor.

JoyRide, ojol di Filipina.JoyRide, ojol di Filipina. Foto: Facebook JoyRide Superapp

Dilihat detikcom dari situs resminya, ada juga layanan taksi mobil, taksi bajaj, pengantaran, pemesanan makanan, dan lain-lain. Idenya mirip dengan aplikasi ojol di Indonesia.

Decky sempat menjajal layanan ojol motor untuk berpindah dari Intramuros ke Makati. Jika dilihat di Google, jarak kedua lokasi itu sekitar 9-10 kilometer.

"Dari Intramuros ke Makati itu sekitar P120, sekitar Rp 40 ribu," ujarnya.

Selama menggunakan ojol JoyRide, Decky merasakan pengalaman baru yang tentunya berbeda dengan ojol Indonesia. Perbedaan pertama adalah jenis motor yang digunakan tak sebanyak di Indonesia. Perbedaan kedua mengenai lajur yang digunakan ketika berkendara.

"Kalau ojol di Filipina jalannya di kanan. Jadi kalau di belokan ke arah kanan seakan-akan ada orang di arah sebaliknya," kata dia.

Sebagaimana diketahui, Filipina merupakan salah satu negara ASEAN yang posisi setir kemudinya di sebelah kiri. Berbeda dengan Indonesia yang setirnya di kanan.

Posisi setir ini berpengaruh pada penggunaan lajur lalu lintas. Karena setir di kiri, lajur yang digunakan di sebelah kanan.



Simak Video "Berburu Batu Akik Pancawarna Lasminingrat di Bungbulang, Garut"
[Gambas:Video 20detik]
(ysn/fem)
BERITA TERKAIT