Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Sabtu, 03 Sep 2022 09:42 WIB

TRAVEL NEWS

Pertama Kali ke Filipina, Kaget Lihat Posisi Setir di Kiri

Putu Intan
detikTravel
jeepney manila
Filipina menganut posisi kemudi di kiri. Foto: (Syanti/detikTravel)
Jakarta -

Liburan ke luar negeri, wajar bila traveler mengalami kekagetan-kekagetan karena perbedaan budaya. Termasuk di Filipina yang menganut posisi setir kiri.

Meskipun sama-sama negara Asia Tenggara, rupanya soal posisi kemudi, Indonesia dan Filipina punya perbedaan. Jika di Indonesia posisi kemudi kendaraan ada di sebelah kanan, Filipina di posisi sebaliknya.

Posisi kemudi di kiri berimplikasi pada penggunaan lajur ketika berkendara. Kendaraan-kendaraan di Filipina akan berjalan di sebelah kanan.

Hal ini tentu membuat wisatawan dari negara penganut kemudi kanan perlu waktu untuk menyesuaikan diri. Termasuk juga travel influencer Decky Tri yang baru pertama kali ke Filipina.

"Filipina setirnya di kiri jadi kita jalan di kanan. Itu lumayan bikin kaget juga karena kita di Indonesia kan setirnya di kanan dan jalannya di kiri. Tapi sangat senang juga bisa mengenal budaya negara lain," kata Dicky.

Sebenarnya selain Filipina, ada juga beberapa negara yang posisi kemudinya di sebelah kiri. Negara itu meliputi Amerika Serikat, China, Laos, Vietnam, Myanmar, Kamboja, dan negara-negara Eropa kecuali Inggris.

jeepney filipinaJeepney Filipina. Foto: (iStock)

Kembali ke Filipina, jika menelisik sejarahnya, Filipina termasuk negara yang berpindah posisi kemudi dari kanan ke kiri. Ya, dulunya orang Filipina juga sama seperti kita, posisi kemudinya di kanan dan berjalan di kiri.

Namun hal itu berubah sejak Maret 1945 ketika Presiden Osmena menandatangani Perintah Eksekutif No.64. Dalam aturan itu disebutkan bahwa mengemudi di lajur kanan merupakan hal yang lumrah di banyak negara.

Selain itu, hal ini diterapkan agar Filipina dapat memanfaatkan kendaraan yang didatangkan dari Amerika Serikat yang pada saat itu harganya lebih murah. Di samping itu, aturan baru dibuat agar sisa-sisa kendaraan militer Amerika Serikat yang berkemudi kiri tetap dapat dimanfaatkan.

Sejak saat itulah Filipina menjadi penganut kemudi kiri. Untuk selanjutnya infrastruktur jalan juga dibangun menyesuaikan posisi kemudi ini.



Simak Video "Lampu Chandelier Bergoyang saat Gempa M 7.1 Guncang Utara Filipina"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA