Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Sabtu, 03 Sep 2022 17:39 WIB

TRAVEL NEWS

Susah Sinyal, Sandiaga Ingin Desa Wisata Dilengkapi Tower Telekomunikasi

Putu Intan
detikTravel
Menparekraf Sandiaga Uno
Menparekraf Sandiaga Uno di Desa Moramo Sumbersari. Foto: dok. Kemenparekraf
Jakarta -

Menparekraf Sandiaga Uno ingin masalah jaringan telekomunikasi di Desa Wisata Air Terjun Moramo Sumbersari, Kabupaten Konawe Selatan, Sulawesi Tenggara segera teratasi. Pasalnya desa ini sangat potensial.

Desa Moramo Sumbersari masuk dalam daftar 50 besar desa wisata terbaik dalam Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022. Mereka telah melalui proses uji standar penilaian tim juri yang terdiri dari tujuh kategori.

Ketujuh kategori itu mencakup:
1. Daya tarik pengunjung (alam dan buatan, seni dan budaya)
2. Suvenir (kuliner, fesyen, dan kriya)
3. Homestay
4. Toilet umum
5. Digital dan kreatif
6. Cleanliness, Health, Safety, and Environment Sustainability (CHSE)
7. Kelembagaan Desa.

Mereka nantinya akan mendapatkan pembinaan dan pendampingan dari mitra strategis Kemenparekraf, yakni Adira Finance.

Bicara potensi wisata, Desa Moramo Sumber Sari memiliki air terjun nan indah. Itu merupakan salah satu air terjun terindah di Indonesia.

Perjalanan dari Bandara Haluoleo Kendari ke desa ini membutuhkan waktu sekitar 1 jam 30 menit. Berada di Kawasan Suaka Alam Tanjung Peropa yang memiliki luas sekitar 38.937 hektar.

Itu juga dikenal sebagai kawasan dengan kandungan marmer terbesar di dunia. Diperkirakan sekitar 860 miliar kubik marmer tersimpan di Suaka Alam Tanjung Peropa.

Terdapat juga binatang khas Sulawesi Tenggara yaitu Anoa dan Burung Rangkok serta satwa lainnya. Moramo menjadi ikon pariwisata di Sulawesi Tenggara berkat keanggunan hutan alamnya dan keindahan cascade.

Bicara seni budaya warisan leluhur, desa tersebut memiliki Tarian Mondotambe dan Umoara, yang menggambarkan penghargaan dan penghormatan terhadap tamu.

Lalu ada Tari Lariangi yang mengadaptasi cerita legenda tentang 7 bidadari yang terkenal. Ditarikan oleh tujuh penari perempuan dengan dua penari pria yang beraksi menggunakan parang. Konon kedua penjaga ini berperan untuk menjaga Air Terjun Moramo.

Kepada awak media, Mas Menteri menerangkan, Desa Wisata Sumber Sari, Air Terjun Moramo merupakan paket lengkap, karena memiliki aspek konservasi dan paket sumber energi baru dan terbarukan melalui pemanfaatan sumber mikrohidro yang menjadikan listrik.

"Ini menjawab kenaikan harga bahan pokok, termasuk juga bahan energi. Kalau kita bisa menciptakan kendaraan berbasis listrik dengan peningkatan pembangkit disini kita tidak akan khawatir dengan kenaikan harga BBM, karena kita bisa menyesuaikan dengan keunggulan dan kearifan lokal disini," kata Sandiaga.

Menanggapi kendala jaringan telekomunikasi di Air Terjun Moramo, Sandiaga memastikan sudah menugaskan pihak terkait untuk mengatasi kendala tersebut.

"Tidak pakai lama, berhubungan dengan penyediaan tower bersama PT TBIG, Telkomsel dan operator lain, saya ingin sebelum penganugerahan ADWI di Jakarta sudah ada solusi. Di luar sudah ada, tinggal ada beberapa titik-titik penguatan mohon difasilitasi Pak Bupati," tambahnya.



Simak Video "Ekraf Indonesia Diproyeksikan Bisa Salip Korsel 5 Tahun Mendatang"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/pin)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
Live Breaking News
×
Persiapan Pernikahan Kaesang-Erina
Persiapan Pernikahan Kaesang-Erina Selengkapnya