Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Minggu, 04 Sep 2022 21:04 WIB

TRAVEL NEWS

BBM Naik, Sandiaga: Beberapa Bulan ke Depan akan Berat

Uje Hartono
detikTravel
Menparekraf Sandiaga Uno
Sandiaga Uno Foto: dok. Kemenparekraf
Banjarnegara -

Pemerintah resmi menaikkan harga BBM Sabtu (3/9/2022) kemarin per pukul 14.30 WIB atau tepat sejam setelah diumumkan Presiden Joko Widodo. Keputusan ini akan berdampak pada semua sektor termasuk pariwisata dan ekonomi kreatif.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengaku sedang menghitung dampak kenaikan harga BBM pada sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Menurutnya langkah-langkah mitigasi harus segera dilakukan agar produk dari ekonomi kreatif ini bisa stabil.

"Tentunya ini sudah melalui kalkulasi yang cermat dan tepat. Jadi dengan berat hati pemerintah mengumumkan penyesuaian subsidi BBM. Saat ini kami sedang menghitung dampak yang akan terjadi di sektor wisata dan ekonomi kreatif," ujarnya saat ditemui di Dieng Culture Festival (DCF) Sabtu (3/9/2022).

Ia tidak memungkiri kebijakan ini akan terasa di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif dalam beberapa bulan. Sehingga pendampingan harus dilakukan, termasuk memberikan bantuan kepada para pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif.

"Tentunya beberapa bulan ke depan akan terasa berat. Dan tentunya pemerintah tidak akan tinggal diam. Kami akan melakukan pendampingan dan jika dibutuhkan ada bantuan bantalan sosial kepada pelaku Parekraf segera dipercepat," kata dia.

Sandiaga juga berpesan kepada pelaku parekraf untuk kembali menghitung biaya produksi. Sehingga nantinya harga bisa mengikuti daya beli masyarakat.

"Untuk pelaku parekraf hitung lagi biaya produksinya, dikalkulasi mengikuti daya beli masyarakat. Dan juga perluas jejaring ekonomi berbasis silaturahmi. Ini akan memperkuat untuk bertahan kalau semuanya kompak," tambah Sandiaga Uno.

-----

Artikel ini sudah tayang di detikJateng.



Simak Video "3 Cara Hadapi Kenaikan Harga BBM dan Biaya Hidup Versi Sandiaga Uno"
[Gambas:Video 20detik]
(ddn/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA