Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Senin, 05 Sep 2022 08:57 WIB

TRAVEL NEWS

Untuk Ikut Sertifikasi Selam, Apakah Harus Bisa Berenang?

bonauli
detikTravel
Olahraga Diving
Ilustrasi diving (Thinkstock)
Jakarta -

Selam atau diving jadi kegiatan populer untuk menikmati keindahan bawah laut. Apa saja sih yang haru dikuasai untuk bisa sertifikasi selam?

"Yang pertama harus bisa berenang dulu," ujar Letda Marinir Boflen Sirait dalam pameran Deep and Extreme Indonesia (DXI) 2022.

Sebagai instruktur selam POSSI, Boflen menjelaskan bahwa peserta sertifikasi akan diajarkan cara menggunakan skin diver atau alat-alat dasar selam seperti fin, masker dan snorkel.

Setelah alat dasar, peserta akan naik tingkat ke penggunaan alat scuba. Penggunaan alat scuba akan dikenalkan secara bertahap di kolam renang dengan kedalaman 2-6 meter. Jadi tidak langsung terjun ke laut dalam ya.

"Keterampilan yang dilatih yaitu mask clearing atau membersihkan masker di dalam air, kemudian regulator recovery atau mengambil regulator yang terlepas dari mulut penyelam," dia menjelaskan.

Keahlian ini akan diperkenalkan satu per satu sampai traveler mahir. Kalau sudah bisa, barulah traveler diajarkan untuk mencari buoyancy netral atau daya apung. Jadi, menyelam tak sekedar mengandalkan alat tapi juga ada keseimbangan tubuh.

Letda Marinir Boflen Sirait, Divisi Asset & Logistik PB POSSILetda Marinir Boflen Sirait, Divisi Asset & Logistik PB POSSI Foto: (bonauli/detikcom)

"Selanjutnya, teknik melepas dan memakai pemberat di dalam air. Peserta juga harus mampu melepas dan memakai kembali alat scuba di dalam air," kata dia.

Ya, traveler harus bisa menguasai pemakaian semua alat scuba di dalam air. Karena ada kemungkinan alat scuba terlepas saat sedang menyelam.

Langkah selanjutnya adalah bagaimana traveler bisa bertahan jika alat scuba rusak. Ada tahapan emergency swimming ascending atau berenang naik ke permukaan dalam keadaan darurat.

"Peserta akan berenang dari dasar 6 meter tanpa menggunakan regulator. Diharapkan penyelam tidak panik saat kehabisan udara di dalam air," ungkap Divisi Asset & Logistik PB POSSI tersebut.

Selam tak seperti olahraga lain yang bisa dilakukan seorang diri. Dalam peraturan selam, kegiatan ini harus dilakukan minimal dua orang. Teman dalam penyelaman disebut buddy.

"Dalam selam ada yang namanya buddy breathing. Apabila seseorang kehabisan udara, maka dia akan memberikan udara (regulator) pada partnernya," dia menambahkan.

Jika peserta sudah menguasai semua teknik ini, barulah peserta melakukan pelatihan di perairan terbuka alias laut.

"Pada saat menyelam di laut bebas, dia akan menyelam bertahap di kedalaman 6 meter, 10 meter dan maksimum 18 meter untuk pemula atau one star scuba diver/ open water," ujar Boflen.

Traveler yang lulus dalam praktek harus melanjutkannya ke ujian tertulis. Ini untuk melihat sejauh mana teori yang didapatkan oleh peserta selama akamedis penyelaman.



Simak Video "Momen Xi Jinping dan Kamala Harris Bertemu di Sela-sela KTT APEC"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA