Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Selasa, 06 Sep 2022 06:15 WIB

TRAVEL NEWS

Ngeri Efek Domino Kenaikan Harga BBM buat Wisata RI

Yasmin Nurfadila
detikTravel
Weekly Briefing with Sandi Uno di Gedung Sapta Pesona, Jakarta.
Weekly Press Briefing bersama Sandi Uno di Gedung Sapta Pesona, Jakarta. Foto: Yasmin Nurfadila/detikTravel
Jakarta -

Kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) menjadi pukulan bagi semua orang. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno memaparkan tiga strategi untuk hadapinya.

Naiknya harga BBM berdampak hebat pada seluruh sektor dan lapisan masyarakat. Di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif, penyesuaian harga BBM itu turut menaikkan harga produk-produk ekonomi kreatif. Diperkirakan harga produk akan naik hingga 20 persen.

"Hasil diskusi kami secara singkat dengan Ibu Deputi Gubernur Senior kemarin di Dieng dengan kenaikan jadi Rp 10.000 untuk pertalite dan solar di angka Rp 7.600 ini kita melihat bahwa potensi kenaikan dari harga-harga produk ekonomi kreatif lokal khususnya kuliner, kriya, dan fashion itu rata-rata yang diantisipasi itu antara 10-20 persen," kata Menparekraf Sandiaga Uno dalam pertemuan mingguan bersama media, Senin (5/9/2022).

Kenaikan harga produk ekonomi kreatif itu sebagai efek domino kenaikan bahan baku utama untuk produk-produk tersebut. Harga bahan baku naik sebagai respons biaya transportasi yang dipastikan naik sesuai harga baru BBM.

"Per hari ini tentunya yang paling mendapatkan pukulan adalah peningkatan dari harga-harga bahan pemasok terutama untuk produk-produk ekonomi kreatif," Sandi menambahkan.

Untuk mengatasinya, Sandiaga menyiapkan tiga strategi yang dapat dilakukan oleh para pelaku parekraf. Mulai dari melakukan efisiensi, memperluas pasokan, hingga bersikap proaktif agar mendapatkan pasokan yang lebih murah dan terpercaya.

"Harapannya tadi tiga hal. Satu, agar para pelaku parekraf bisa menghitung secara cermat dan meningkatkan efisiensi melalui pengetatan pos dan konsepnya adalah be a cost leader. Yang kedua adalah bagaimana memperluas, mendiversifikasi pasokannya. Sehingga, mendapatkan potensi harga yang lebih terjangkau dan supply yang lebih reliable. Yang ketiga tentunya memperkuat keuangan," ujar Sandi.

Sandi berharap terpaan badai kenaikan harga ini dapat dilewati seluruh kalangan dengan baik. Ia juga menekankan bahwa untuk menghadapi kenaikan harga BBM dan efek dominonya diperlukan adanya kerja sama semua pihak.

"Ini merupakan tiga strategi, kita akan menghitung kembali. Mudah-mudahan turbulensi di saat yang sangat sulit ini untuk para pelaku parekraf dan masyarakat pada umumnya bisa kita mitigasi, bisa kita lewati dengan penuh kebersamaan dan gotong royong," ujarnya.



Simak Video "3 Cara Hadapi Kenaikan Harga BBM dan Biaya Hidup Versi Sandiaga Uno"
[Gambas:Video 20detik]
(ysn/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA