Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Selasa, 06 Sep 2022 16:53 WIB

TRAVEL NEWS

Jangan Kaget! Harga BBM Naik, Tarif Sewa Perahu di Gorontalo Juga Makin Mahal

Femi Diah
detikTravel
Gorontalo merupakan salah satu provinsi yang kaya akan potensi alam juga budaya. Ada satu destinasi yang menjadi favorit wisatawan, yakni wisata Hiu Paus
Foto: Kemenparekraf
Gorontalo -

Harga sewa perahu di Kecamatan Ponelo Kepulauan, Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, naik seiring harga baru bahan bakar minyak (BBM) pada Sabtu (3/9/2022).

"Kami terpaksa menaikkan harga sewa perahu. Penumpang dari Pelabuhan Kwandang ke Desa Ponelo kini membayar Rp 10 ribu per orang. Sebelumnya Rp 7 ribu per orang, namun jumlah penumpang harus minimal lima orang," kata Eman Katili, juru mudi taksi laut antar pulau di Kecamatan Ponelo Kepulauan, Selasa (6/9/2022).

Harga sewa terpaksa dinaikkan, sebab harga BBM, khususnya jenis Pertalite yang digunakan naik dari Rp 7.650 menjadi Rp 10.000. Bahkan, harga di depot tidak resmi, harga tersebut mencapai Rp 13 ribu per liter.

"Jika harus membeli di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU), jaraknya sangat jauh mencapai 15 kilometer. Terpaksa membeli di depot terdekat dengan harga tinggi tersebut," katanya.

Ia berharap seiring kenaikan harga BBM, pemerintah dapat menambah infrastruktur tempat pengisian yang akan melayani keperluan transportasi laut di wilayah kepulauan ini.

Mengingat keperluan BBM, tidak hanya untuk transportasi umum antar pulau, namun menjangkau keperluan bahan bakar untuk kapal ikan dan perahu wisata bahari.

"Kami berharap, distribusi BBM benar-benar menjangkau keperluan masyarakat dengan stok yang cukup. Khususnya memenuhi keperluan taksi perahu antar pulau," katanya.



Simak Video "Bawa Keranda-Spanduk, Massa Buruh Tolak BBM Naik Tiba di Patung Kuda"
[Gambas:Video 20detik]
(fem/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA