Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Rabu, 14 Sep 2022 16:31 WIB

TRAVEL NEWS

Turis Kencingi Gunung Bromo Cederai Kesakralan dan Hapus Postingan

Turis nakal kencingi Gunung Bromo
Turis nakal kencingi Gunung Bromo (Foto: hometown.earth/Instagram)
Jakarta -

Pengelola Gunung Bromo yakni Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) kecewa dengan kelakuan turis asing yang kencing di kawah suci. Turis itu dianggap mencederai kesakralan destinasi itu.

Seperti diketahui bahwa Gunung Bromo adalah tempat sakral bagi masyarakat yang bermukim di sana, Suku Tengger. Kawasan kawah itu biasa menjadi puncak ritual mereka.

"Prihatin, kecewa dan menyayangkan atas kejadian atau perilaku yang dilakukan wisatawan tersebut. Selain tidak etis karena kencing disembarang tempat juga mencederai kesakralan lokasi yang di hormati oleh masyarakat Tengger," kata Kasubag Data Evaluasi Pelaporan dan Kehumasan TNBTS, Syarif Hidayat, Rabu (14/9/2022).

"Bromo Tengger Semeru selain karena eksotikanya tetapi lokasi tersebut juga disucikan atau dihormati oleh masyarakat Tengger sehingga seyogyanya pengungjung atau siapapun juga yang berkunjung atau bertamu ke lokasi tersebut menjunjung tinggi dan menghormati kesakralan lokasi-lokasi di Bromo dan sekitarnya," imbuh dia.

[Gambas:Instagram]



Ke depan, pihak TNBTS berjanji akan melakukan edukasi sebaik mungkin agar perilaku tercela itu tak terulang kembali. Karena, begitu banyak komentar yang menginginkan proses lanjutan pada turis itu.

"Kita akan sampaikan keprihatinan kita atas kejadian tersebut kepada yang bersangkutan. Ke depan kita akan upayakan edukasi baik melalui media sosial maupun lainnya. Diharapkan bisa efektif dan menambah wawasan pengunjung Bromo dan sekitarnya," jelas dia.

Turis kencingi Bromo matikan komentar dan postingan

Aksi turis berbahasa Jerman terang-terangan mengencingi Gunung Bromo itu diunggah dalam Instagramnya, @hometown.earth.

Karena perilakunya itu, ia mendapat murka dari warganet. Dalam bio di akunnya itu, ia akan kembali ke Wina, Austria dalam waktu dekat. Karena ulahnya itu, ia kini telah menghapus atau mungkin mengarsipkan postingan yang mengundang kontroversi itu dan keterangan di bio. Tak hanya itu, kolom komentar juga telah dimatikan.



Simak Video "Turis Asing yang Kencingi Kawah Gunung Bromo Minta Maaf"
[Gambas:Video 20detik]
(msl/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA