Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Kamis, 15 Sep 2022 18:11 WIB

TRAVEL NEWS

Sepakat Majukan Ekonomi Kreatif, Indonesia Teken MoU dengan Belanda

Mou Ekonomi Kreatif Indonesia-Belanda
Foto: Penandatanganan MoU ekonomi kreatif Indonesia-Belanda (dok. Kemenparekraf)
Jakarta -

Sama-sama ingin memajukan sektor ekonomi kreatif, Kementerian Pendidikan, Budaya dan Sains Belanda sepakat menandatangani MoU dengan Kemenparekraf RI.

Penandatanganan MoU Kerja Sama Bidang Ekonomi Kreatif antara Indonesia dengan Belanda ini dilakukan di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona Kemenparekraf Jakarta.

Mewakili pemerintah Indonesia, Sandiaga Uno sebagai Menparekraf. Sementara dari pemerintah negeri Kincir Angin diwakili oleh Gunay Uslu, Sekretaris Bidang Kebudayaan dan Media Belanda.

"Saya sangat berbahagia, setelah proses yang cukup panjang, hampir 4 tahun, akhirnya kita menandatangani MoU antara pemerintah Belanda dan Indonesia dalam sektor ekonomi kreatif," kata Sandiaga Uno usai acara penandatanganan MoU tersebut, Kamis (15/9/2022).

Dari berbagai subsektor ekonomi kreatif yang ada, Sandiaga menyoroti ada beberapa yang berpotensi untuk dikembangkan bersama dengan pemerintah Belanda, antara lain di bidang film, games dan kuliner.

Mou Ekonomi Kreatif Indonesia-BelandaMoU Ekonomi Kreatif Indonesia-Belanda Foto: (dok. Kemenparekraf)

Sementara itu, mewakili pemerintah Belanda Gunay Uslu menilai hubungan antara Indonesia dan Belanda yang sangat bersejarah selama ratusan tahun, harus dimanfaatkan dengan baik untuk di masa sekarang dan juga masa depan.

"Kami berharap bisa berkolaborasi dengan sangat intensif dan mengeksplorasi kekuatan serta memperkuat hubungan baik antara Belanda dengan Indonesia," ujar Uslu dalam bahasa Inggris.

Lebih lanjut, Sandiaga menjelaskan isi MoU yang ditandatanganginya bersama dengan perwakilan dari pemerintah Belanda. MoU itu lebih mendetailkan kerja sama antara kedua negara di bidang ekonomi kreatif.

"Mendetailkan pola kerja sama ke depan di berbagai bidang. Tentunya ada 17 subsektor di ekonomi kreatif. Kami akan menindaklanjutinya dengan menghadirkan satu kerja sama yang fokus di 3 subsektor, yaitu film, games dan satu lagi akan ditentukan bersama," kata Sandiaga Uno.



Simak Video "Ekraf Indonesia Diproyeksikan Bisa Salip Korsel 5 Tahun Mendatang"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA