Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Minggu, 18 Sep 2022 05:41 WIB

TRAVEL NEWS

Keluarga Kerajaan Sumber Cuan Inggris!

Yasmin Nurfadila
detikTravel
Istana Buckingham biasanya sering terdengar ketika ada kabar yang berkaitan dengan keluarga kerajaan Inggris. Sebenarnya apa fungsi dari istana ini ya?
Istana Buckingham. Foto: Getty Images
London -

Keluarga kerajaan yang masih terjaga dan memegang tradisi jadi salah satu daya tarik wisata utama Inggris. Hal ini datangkan pendapatan besar dari pariwisata.

Keluarga Kerajaan Inggris telah bertahan lebih dari seribu tahun. Kini mereka telah ada di generasi ke 37. Di tengah era modern, Kerajaan Inggris berhasil menjaga dan mempertahankan berbagai tradisi yang selama ini mereka pegang.

Keunikan dan kekentalan tradisi serta gaya hidup keluarga kerajaan kerap jadi sorotan. Tak hanya oleh rakyat Inggris dan Negara Persemakmuran, tetapi juga masyarakat dunia. Hal ini juga menjadi salah satu daya tarik utama wisata Inggris.

Dilansir dari Independent UK, setiap tahun keluarga kerajaan berhasil mendatangkan jutaan Pound sterling dari sektor pariwisata. Pada tahun fiskal 2019-2020, pendapatan properti keluarga kerajaan dari tiket masuk saja hampir mencapai 49,9 juta Pound sterling atau sekitar Rp 849,5 miliar.

Jumlah tersebut hanya berasal dari penjualan tiket. Menurut Forbes, Kastil Windsor saja diperkirakan bernilai 19 miliar Pound sterling. Dengan properti yang bernilai begitu tinggi, Kastil Windsor dapat membantu mendatangkan ratusan juta untuk ekonomi Inggris hanya dari kunjungan wisatawan.

Mengintip Kemegahan Kastil Windsor Kediaman Raja-raja InggrisKastil Windsor. Foto: Getty Images

Pada bulan April 2021 hingga Maret 2022 saja terdapat sekitar 426.000 pengunjung yang datang ke Kastil Windsor dan Frogmore House. Dengan harga tiket yang dibanderol 26,50 Pound sterling untuk pengunjung dewasa pada hari Minggu hingga Jumat.

Selain kedua properti tersebut, kediaman dan properti keluarga kerajaan Inggris lainnya seperti Istana Buckingham, Royal Mews, Clarence House, Istana Holyroodhouse, dan Galeri Ratu juga mendatangkan pendapatan yang cukup signifikan.

Pendapatan tersebut tak hanya berasal dari penjualan tiket. Di berbagai destinasi keluarga kerajaan juga dijual beragam suvenir, pernak-pernik, hingga bingkisan.

Selain dari kunjungan wisatawan ke kediaman resmi, pendapatan pariwisata juga datang dari koleksi kerajaan dan properti kerajaan (Crown estate).

Koleksi kerajaan Inggris dikenal sebagai salah satu koleksi paling bernilai di dunia. Selain untuk melihat langsung kediaman keluarga kerajaan Inggris, banyak juga wisatawan yang berkunjung untuk melihat koleksi kerajaan.

Berdasarkan data tahunan yang dipublikasikan, pada tahun 2019-2020 tercatat ada 3.285.000 orang yang berkunjung ke kediaman resmi keluarga kerajaan. Mendatangkan sekitar 49.859.000 Pound sterling atau sekitar Rp 849 miliar.

Kemudian dari sisi perdagangan, penjualan toko suvenir dari koleksi kerajaan mencapai 19.983.646 Pound sterling atau sekitar Rp 340,2 miliar dalam satu tahun. Jika dijumlahkan, total pendapatan wisata dari kunjungan ke kediaman keluarga kerajaan mencapai 71.526.000 Pound sterling (Rp 1,2 triliun) dalam satu tahun.

Secara keseluruhan, setiap tahunnya brand keluarga kerajaan Inggris berkontribusi sekitar 2,5 miliar Pound sterling pada ekonomi Inggris. Sementara itu, biaya yang dikeluarkan para pembayar pajak untuk keluarga kerajaan adalah sebesar 500 juta Pound per tahun.



Simak Video "Saat Charles Diteriaki 'Bukan Rajaku' oleh Seorang Pria"
[Gambas:Video 20detik]
(ysn/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA