Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Minggu, 18 Sep 2022 06:13 WIB

TRAVEL NEWS

Afrika Tuntut Berlian di Mahkota Ratu Elizabeth Dikembalikan

Tim detikcom
detikTravel
Ratu Elizabeth II
Foto: Instagram @theroyalfamily
Jakarta -

Masyarakat Afrika Selatan (Afsel) meminta berlian yang berada di mahkota dan tongkat Ratu Elizabeth II dikembalikan. Seruan itu muncul setelah sang ratu meninggal dunia.

Berlian pada tongkat Ratu Elizabeth itu bernama The Great Star of Africa atau Cullinan I. Berlian tersebut merupakan potongan dari berlian besar yang, katanya, diberikan kepada keluarga Kerajaan Inggris dari hasil tambang di Afrika Selatan pada 1905.

Saat itu, Afrika Selatan berada di bawah kekuasaan Inggris. Kini, potongan dari berlian besar lainnya ada di ujung tongkat kerajaan milik Ratu Elizabeth II.

Sementara itu, ada pula berlian Cullinan II. Berlian ini merupakan berlian yang menghiasi mahkota pemimpin Kerajaan Inggris.

Setelah Ratu Elizabeth II meninggal dunia pekan lalu, muncullah seruan dari Afrika Selatan agar berlian-berlian tersebut dikembalikan.

Klaim berlian itu milik masyarakat Afsel menuai pro dan kontra. Pemilik Great Star of Africa dan batu permata lainnya yang ditambang dari negara itu hingga kini masih menjadi perdebatan.

Salah satu seruan keras disampaikan oleh anggota Parlemen Vuyo Zugula dari Pergerakan Transformasi Afrika (ATM). Dia bahkan menilai Afsel sudah seharusnya menghentikan hubungan dengan Inggris dan membuat konstitusi yang baru.

"Afrika Selatan sekarang harus meninggalkan Persemakmuran, menuntut ganti rugi atas semua kerusakan yang dilakukan oleh Inggris, menyusun konstitusi baru berdasarkan kehendak rakyat bukan Magna Carta Inggris, dan menuntut pengembalian semua emas, berlian yang dicuri oleh Inggris," kata Zugula, seperti dilansir timeslive.co.za.

Senada, mantan sekretaris provinsi ANC KwaZulu-Natal Thanduxolo Sabeloyang mengatakan bahwa berlian dan permata dari Afrika Selatan dan negara lain terus menguntungkan Inggris dengan mengorbankan masyarakat.

"Kami mengalami kemiskinan yang menyakitkan. Kami juga menghadapi masalah pengangguran massal dan meningkatnya tingkat kejahatan karena penindasan dan kehancuran yang disebabkan oleh Ratu Elizabeth dan nenek moyangnya. Berlian Cullinan harus dikembalikan ke Afrika Selatan dengan segera," ujarnya.

Saat ini, ada lebih dari 6.000 orang telah menandatangani petisi yang menyerukan Great Star of Africa segera dikembalikan dan ditempatkan di museum Afrika Selatan.

Presiden Afrika Selatan Cyril Ramaphosa sih tetap menyampaikan belasungkawa untuk Ratu Elizabeth II. Tetapi, masyarakat menilai ucapan itu seharusnya diiringi dengan meminta berlian untuk dikembalikan.

Ada pula yang berpendapat berlian itu adalah hadiah untuk keluarga Kerajaan Inggris. Berlian itu diberikan kepada Raja Edward Vll pada tahun 1907 dan dikirim ke Asscher dari Amsterdam untuk dibelah pada tahun 2008 menurut Royal Collection Trust.

Royal Asscher menyatakan bahwa berlian Cullinan dipotong menjadi sembilan batu besar dan 96 potongan kecil. Batu terbesar diberi nama Great Star of Africa oleh Raja Edward VII.

***

Artikel ini juga tayang

Saksikan juga Sosok minggu ini: Minie Sudjarwo, Si Bodybuilder Cantik

[Gambas:Video 20detik]



(fem/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA