Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Senin, 19 Sep 2022 16:45 WIB

TRAVEL NEWS

Apakah Indonesia Diundang ke Pemakaman Ratu Elizabeth II?

CNN Indonesia
detikTravel
Pemakaman Ratu Elizabeth II: Prosesi dari Westminster Abbey ke Kastil Windsor
Mendiang Ratu Elizabeth II yang dimakamkan hari ini (BBC World)
Jakarta -

Pemakaman Ratu Elizabeth II akan berlangsung pada Senin (19/9) waktu Inggris. Sejumlah pemimpin dunia akan hadir ke pemakaman mendiang ratu Inggris ini.

Sekitar 2.200 tamu diperkirakan akan menghadiri proses pemakaman Kerajaan Inggris yang pertama sejak enam dekade terakhir ini. Ribuan tamu itu terdiri dari berbagai kepala negara hingga raja dan ratu di seluruh dunia.

Sejumlah kepala negara dunia seperti Presiden Amerika Serikat, Joe Biden hingga Kaisar Jepang Naruhito sudah tiba di Inggris sejak Minggu (18/9) untuk menghadiri prosesi pemakaman sang ratu.

Namun, Inggris tak mengundang sejumlah negara seperti Rusia dan Myanmar. Dengan demikian, Presiden Vladimir Putin tak akan datang ke acara ini.

Sementara itu, Putra Mahkota Arab Saudi, Pangeran Mohammed bin Salman (MbS), juga tak hadir walau sempat diperkirakan bakal datang. Saudi akhirnya diwakili Pangeran Turki bin Mohammed al Saud.

Bagaimana Indonesia?

Indonesia juga turut diundang menghadiri pemakaman Ratu Elizabeth II. Namun, Presiden Joko Widodo tidak menghadiri proses tersebut dan diwakilkan oleh Duta Besar RI di London.

"Pemerintah Inggris menegaskan bahwa undangan bagi Kepala Negara/Kepala Pemerintahan dapat diwakilkan pada level Menteri, pejabat tinggi maupun Duta Besar," kata juru bicara Kementerian Luar Negeri RI, Teuku Faizasyah, dikutip dari CNNIndonesia.com Jumat (16/9).

"Dalam kaitan ini Pemerintah Indonesia akan diwakili oleh Duta Besar RI London, Dr. Desra Percaya untuk mengikuti seluruh rangkaian kegiatan State Funeral," paparnya menambahkan.

Prosesi pemakaman Ratu akan dimulai dengan pemindahan peti dari Istana Westminster ke Westminster Abbey pada Senin siang. Dalam prosesi itu, para anggota keluarga kerajaan akan berjalan di belakang kereta pembawa peti Ratu Elizabeth.

Pasukan Angkatan Laut Inggris akan membawa peti mati Ratu Elizabeth II dari Westminster Hall ke Westminster Abbey.

Peti mati ratu akan dibawa menggunakan kereta meriam dan dikawal para pasukan itu. Pengiring peti mati berjumlah 142 personel. Mereka akan berjalan bersama dan beberapa bertindak sebagai rem jika perlu.

Setelah ibadah di Westminster Abbey dan prosesi panjang lainnya, jenazah Ratu Elizabeth akan dimakamkan di Windsor, di sebelah kuburan suaminya, Pangeran Philip.



Simak Video "Pangeran Harry Dikritik Lantaran Tak Nyanyikan 'God Save the King'"
[Gambas:Video 20detik]
(sym/sym)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA