Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Sabtu, 24 Sep 2022 07:11 WIB

TRAVEL NEWS

Tiket Pesawat Ludes Usai Pengumuman Wamil, Pemerintah Rusia: Lebay Banget

Femi Diah
detikTravel
Russian service members march during a military parade on Victory Day, which marks the 76th anniversary of the victory over Nazi Germany in World War Two, in Red Square in central Moscow, Russia May 9, 2021. REUTERS/Maxim Shemetov/File Photo
Foto: REUTERS/Maxim Shemetov/File Photo
Moskow -

Tiket pesawat keluar Rusia dan tiket angkutan via darat dan laut habis diborong setelah Rusia mengumumkan wajib militer buat warga laki-laki. Pemerintah membantah.

Mayoritas yang kabur memutuskan pergi ke negara tetangga Rusia, seperti Armenia, Georgia, Azerbaijan, dan Kazakhstan. Selain memilih jalur udara, warga menuju Finlandia dan Georgia.

Penjaga perbatasan Finlandia melaporkan arus kendaraan di perbatasan negara dengan Rusia meningkat tajam sejak Rabu malam hingga Kamis siang.

Pengumuman wajib militer ini juga memicu demonstrasi besar. Pemerintah merespons aksi itu dengan menangkap peserta aksi.

"Informasi soal heboh di bandara dan sebagainya sangat dibesar-besarkan. Ada banyak informasi palsu soal ini," kata juru bicara Kremlin, Dmitry Peskov, seperti dikutip dari Reuters, Sabtu (24/9/2022).

"Kami harus sangat berhati-hati soal ini agar tak menjadi korban informasi palsu soal masalah ini," dia menambahkan.

Namun, Peskov tak menolak bakal ada mobilisasi pasukan ke Ukraina.

"Operasi khusus mulai memenuhi tujuan di Ukraina. Sekarang, kita secara de facto berhadapan dengan blok NATO dengan semua kemampuan logistik mereka," ujar Peskov.

Dia juga membantah konflik di Ukraina disebut perang. Peskov bersikukuh tindakan Rusia merupakan operasi militer khusus, bukan perang.

"Eksodus" warga ini terjadi tak lama setelah Presiden Valdimir Putin memerintahkan wajib militer yang memungkinkan perekrutan warga menjadi tentara cadangan untuk berperang di Ukraina.

Banyak warga laki-laki Rusia di usia wajib militer memilih kabur ke luar negeri karena takut direkrut untuk berperang di Ukraina.

Fenomena kabur itu tampak di dua jalur, yaitu darat dan laut. Mereka yang memilih via udara langsung berangkat ke bandara, dan menyebabkan tiket dari Rusia habis terjual.



Simak Video "Jokowi Minta Waspadai Kenaikan Harga Roti-Mi Instan Imbas Perang Ukraina"
[Gambas:Video 20detik]
(fem/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA