Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Selasa, 27 Sep 2022 12:56 WIB

TRAVEL NEWS

Pandemi Mereda, Pesawat Enggak Rajin Bersih-bersih Lagi Nih

Femi Diah
detikTravel
Air Vehicle, Airplane, Commercial Airplane, Luggage, People
Foto: Getty Images/iStockphoto/Pollyana Ventura
Jakarta -

Frekuensi penerbangan kembali meningkat seiring pandemi yang tertangani. Kebersihan pesawat disorot.

Pandemi memaksa maskapai melipatgandakan prosedur kebersihan pesawat selama pandemi Covid-19. Berbagai cara digunakan untuk membuat penerbangan menjadi aman bagi kru dan penumpang. Di antaranya, pesawat dibersihkan secara rutin dan lebih detail, ada tambahan filter udara, dan penyemprotan disinfektan secara berkala.

Tetapi, prosedur kebersihan itu tidak bisa dilakukan lagi setelah jumlah penumpang meningkat. Pesawat hanya memiliki jeda waktu terbang yang pendek antara satu trayek ke trayek lainnya.

Situasi itu pun membuat pesawat rentan menjadi lebih kotor. Dikhawatirkan kuman bertahan hidup lebih lama di pesawat.

Shashank Nigam, CEO Simpli Flying dan penulis buku Soar, mengatakan kepada Washington Post dan dikutip The Sun, bahwa kini diakui atau tidak staf kebersihan tidak sempat bersih-bersih secara menyeluruh saat pesawat berada di bandara.

Senada, Verna Montalvo, staf kebersihan kabin maskapai American Airlines di Bandara Dallas-Fort Worth, bilang dia dan tim hanya memiliki waktu singkat untuk bersih-bersih pesawat.

"Pramugari kadang sampai marah karena kabin tidak bersih. Tentu saja tidak bisa betul-betul bersih, karena berapa lama sih mereka memberi waktu kepada kami buat bersih-bersih," kata Verna seperti dikutip The Sun.

Juru bicara American Airlines, Rachel Warner, merespons pernyataan Verna. Dia bilang ada standar kebersihan yang harus dipatuhi di dalam pesawat.

"Kami secara rutin bekerja sama dengan rekanan untuk memastikan standar kebersihan dan berharap kepada semua rekanan kami untuk memenuhi standar yang ditetapkan," kata Rachel.

"Pramugari bisa meminta staf kebersihan untuk memastikan kebersihan di pesawat," dia menambahkan.

Selain American Airlines, Delta Airlines juga memastikan bahwa kebersihan pesawat tetap diperhatikan seperti saat pandemi. Permukaan bagian dalam disemprot disinfekan setiap kali sebelum terbang, termasuk sabuk pengaman, meja, dan gagang kursi, dan toilet.

Andai penumpang tidak yakin dengan kebersihan kabin pesawat, langkah penting yang sudah diterapkan dan harus tetap dilakukan adalah memakai masker.

"Saat saya di dalam pesawat dan merasa perlu untuk makan atau minum sesuatu, saya akan menurunkan masker tetapi segera memakainya lagi begitu selesai," kata Leonard Marcus, pencetus Inisiatif Kesehatan Penerbangan Umum.



Simak Video "Spesifikasi Indonesia One, Pesawat Kepresidenan RI yang Mungil "
[Gambas:Video 20detik]
(fem/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
Live Breaking News
×
Fit & Proper Test Calon Panglima
Fit & Proper Test Calon Panglima Selengkapnya