Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Selasa, 27 Sep 2022 15:07 WIB

TRAVEL NEWS

Maskapai Bujet Terbaik di Dunia Tahun 2022, Ada Citilink di Sub Asia

Pekerja menaiki tangga mobile tower yang berada di parkiran Terminal 3 Ultimate Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Senin (20/6/2016). PT. Angkasa Pura II bersama AirNav Indonesia menyiapkan Mobile Tower  sebagai pendukung tower utama untuk memantau lalulintas pesawat di Apron Terminal baru, sebelumnya Kementerian Perhubungan menyatakan visual tower utama terganggu dalam melihat pergerakaan lalulintas pesawat didarat. (Foto: Rachman Haryanto/detikcom)
Bandara Soekarno Hatta (Foto: Rachman Haryanto/detikcom)
Jakarta -

Inilah maskapai bujet atau low cost carrier (LCC) terbaik untuk tahun 2022. Maskapai kebanggaan kita, yakni Citilink, masuk 10 besar di sub kategori Asia.

Dan, AirAsia dinobatkan kembali sebagai juara maskapai LCC terbaik untuk tahun 2022. Maskapai itu mendapatkan lagi gelar World's Best Low Cost Airline di ajang Skytrax World Airline Awards 2022 yang diselenggarakan di London pada hari Jumat 23 September 2022.

Penghargaan ini menjadikan AirAsia sebagai maskapai pertama yang menerima penghargaan itu selama 13 tahun berturut-turut.

Skytrax World Airline Awards merupakan ajang tolok ukur global untuk menilai keunggulan maskapai yang diakui dunia. Pada penyelenggaraan Skytrax World Airline Awards di tahun 2022 ini sebanyak 14,3 juta pelanggan dari lebih dari 100 negara ikut serta dalam survei untuk menilai lebih dari 300 maskapai penerbangan mulai dari September 2021 hingga Agustus 2022.

"Kami berhasil mendapatkannya lagi! Dan tahun ini terasa lebih istimewa dari tahun-tahun sebelumnya, karena para pemilih mendukung kami di masa-masa yang sulit akibat Covid dalam beberapa tahun terakhir," kata CEO Capital A, Tony Fernandes dalam siaran resmi kepada detikTravel.

"Kami merasa takjub dengan kenyataan bahwa kami masih bisa terbang kembali setelah hampir tidak ada penerbangan selama hampir dua tahun," imbuh dia.

"Terima kasih yang sebesar-besarnya saya sampaikan kepada penyelenggara Skytrax, kepada lebih dari 700 juta tamu yang telah terbang bersama kami, dan kepada mereka yang telah memilih kami pada penghargaan ini untuk kesekian kalinya," kata dia.

Berikut 10 maskapai LCC terbaik untuk tahun 2022 versi Skytrax:

1. AirAsia
2. Scoot
3. Southwest Airlines
4. Ryanair
5. IndiGo
6. Vueling Airlines
7. EasyJet
8. Jet2.com
9. Jetstar Airways
10. Flynas.

Berikut 10 maskapai LCC terbaik di Asia untuk tahun 2022 versi Skytrax:

1. AirAsia
2. Scoot
3. IndiGo
4. Peach
5. Jetstar Asia
6. Citilink (Best Low-Cost Airline in Indonesia 2022)
7. Spring Airlines
8. SpiceJet
9. West Air
10. AirAsia X.

Sepanjang September tahun ini, Scoot, maskapai penerbangan bertarif rendah yang merupakan anak perusahaan dari Singapore Airlines (SIA), telah meraih tiga penghargaan penerbangan internasional.

Scoot mendapatkan penghargaan dalam ajang World Airline Awards 2022 untuk "Best Long-Haul Low-Cost Carrier", ajang tahunan ke-31 TTG Travel Awards 2022 untuk "Best Low-Cost Carrier", yang mana kedua penghargaan ini didapatkan Scoot selama dua tahun berturut-turut. Selain itu, Scoot juga mendapatkan penghargaan dalam ajang AFLAS Awards untuk "Best Low-Cost Air Cargo Carrier".

"Kami merasa terhormat diakui sebagai maskapai penerbangan bertarif rendah terkemuka oleh pelanggan kami, para pakar perjalanan dan mitra bisnis di industri ini, dan kami juga berterima kasih atas dukungan mereka yang tak tergoyahkan sejak adanya COVID-19. Penghargaan ini tidak akan mungkin tercapai tanpa kerja sama tim yang berdedikasi, dan hal ini merupakan bukti komitmen kami menyediakan layanan berkualitas, pengalaman unik dan tarif yang terjangkau bagi para pelanggan kami, sejalan dengan perubahan pasar dan realitas konsumen dalam kenormalan baru. Seiring kami merayakan ulang tahun ke-10 tahun ini, kami menantikan dekade berikutnya dengan percaya diri, karena kami terus meningkatkan standar dan menciptakan hal baru terkait perjalanan dengan maskapai penerbangan bertarif rendah/LCC," ujar Scoot Chief Executive Officer, Leslie Thng.

Satu dekade lalu, Scoot memulai dengan hanya satu armada pesawat, dengan penerbangan perdana dari Singapura ke Sydney. Saat ini, Scoot telah melayani Indonesia selama lebih dari 5 tahun, menghubungkan para pelaku perjalanan dari Bali, Jakarta, Manado dan Surabaya ke berbagai tujuan utama seperti Jeddah, Phuket dan Seoul. Per September 2022, Scoot telah membuka 54 tujuan perjalanan. "Jaringan kami saat ini mencakup 71 tujuan di 15 negara dan wilayah di Asia-Pasifik, Timur Tengah, dan Eropa," ujar Thng.

Sementara Citilink menembus 100 besar maskapai terbaik dunia di antara lebih dari 350 maskapai di seluruh dunia yang dinilai berdasarkan survei yang diikuti oleh 13,4 juta pelanggan yang berasal dari lebih dari 100 negara pada periode September 2021 hingga Agustus 2022.

Citilink meningkatkan performanya dengan memperoleh peringkat 91 pada kategori World's Best Airlines dari sebelumnya berada di peringkat 100 dan juga memperoleh peringkat 6 pada kategori Best Low-Cost Airlines in Asia dari sebelumnya berada di peringkat 8 pada ajang penghargaan yang sama tahun sebelumnya, serta berhasil mempertahankan predikat sebagai Best Low-Cost Airline in Indonesia.

Direktur Utama Citilink Dewa Kadek Rai mengatakan bahwa pencapaian ini merupakan milestone penting bagi Citilink dalam meningkatkan eksistensi perusahaan di mata dunia serta wujud nyata dari komitmen Citilink dalam memberikan pelayanan dengan kualitas terbaik di tengah tantangan yang ada dengan menciptakan penerbangan yang aman dan nyaman bagi seluruh pelanggan.

Dewa menambahkan bahwa ini merupakan hasil dari kerja keras seluruh karyawan Citilink yang terus memberikan kinerja yang optimal serta dukungan penuh dari seluruh pelanggan setia sehingga Citilink dapat meraih pengakuan global ini.

"Pencapaian ini akan menjadi komitmen serta motivasi bagi Citilink dalam melakukan inovasi untuk memberikan pelayanan yang prima untuk pelanggan dengan tetap selalu memprioritaskan keamanan dan kenyamanan di setiap perjalanan," tutup Dewa.



Simak Video "Citilink Kembali Buka Rute Internasional Jakarta-Kuala Lumpur"
[Gambas:Video 20detik]
(msl/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA