Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Rabu, 28 Sep 2022 14:33 WIB

TRAVEL NEWS

E-Paspor Tinggi Peminat, Padahal Paspor Biasa pun Sama Saja

Perpanjangan paspor online dapat dilakukan lewat aplikasi. Berikut ini cara-cara perpanjangan paspor melalui aplikasi M-Paspor.
Paspor Indonesia (Foto: Ari Saputra/detikcom)
Jakarta -

Pembuatan paspor elektronik memang sangat tinggi dan pihak Dirjen Imigrasi mengamininya. Padahal, paspor biasa pun sama saja.

Jadi, pihak imigrasi memberikan penjelasan antara paspor elektronik versus paspor biasa. Dilihat dari situs resminya, Rabu (28/9/2022), pihak imigrasi menjelaskan bahwa keduanya absah dan bisa digunakan ke negara manapun.

"Tingginya minat masyarakat terhadap paspor elektronik (E-Paspor) kian terlihat dari jumlah ketersediaan di berbagai kantor imigrasi hingga pertanyaan-pertanyaan di kanal pelayanan informasi Imigrasi," kata Subkoordinator Humas Ditjen Imigrasi, Achmad Nur Saleh.

Namun, selain pulihnya perekonomian, fenomena ini ternyata juga didorong oleh anggapan banyak orang bahwa paspor elektronik 'lebih valid' dibandingkan paspor biasa; sebuah anggapan kurang tepat yang perlu dipahami bersama.

"Tidak ada perbedaan perlakuan terhadap paspor biasa maupun E-Paspor. Dalam PP No. 31 Tahun 2013 Pasal 34 dan 48 disebutkan bahwa paspor RI terdiri atas paspor diplomatik, paspor dinas dan paspor biasa. Paspor biasa terdiri atas paspor biasa elektronik dan paspor biasa nonelektronik," kata dia.

Oleh karena itu, baik paspor biasa maupun E-Paspor adalah dokumen negara yang sah dan dapat digunakan untuk ke negara manapun.

Pada Pasal 35 disebutkan pula bahwa paspor (elektronik dan non elektronik) merupakan dokumen perjalanan antarnegara, bukti identitas diri, dan bukti kewarganegaraan Republik Indonesia dari pemegang yang bersangkutan pada saat berada di luar Wilayah Indonesia.

Adapun perbedaan mendasar di antara keduanya yaitu pada paspor elektronik terdapat chip yang menyimpan data biometrik. Dengan demikian, pengguna paspor elektronik dapat melewati auto-gate di bandar udara yang menyediakan fasilitas tersebut.

"Bagi masyarakat yang ingin mengubah jenis paspor dari paspor biasa ke paspor elektronik ataupun sebaliknya, dapat mengajukan permohonan melalui Aplikasi M-Paspor. Silakan daftarkan akun, lakukan verifikasi. Saat pengisian data akan muncul pilihan paspor biasa dan paspor elektronik," tuturnya.

Selanjutnya, syarat pembuatan paspor >>>

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Masa Berlaku Paspor Diperpanjang Jadi 10 Tahun"
[Gambas:Video 20detik]
BERITA TERKAIT
BACA JUGA