Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Senin, 03 Okt 2022 13:45 WIB

TRAVEL NEWS

Bangga Deh! Keselamatan Penerbangan RI di Atas Rata-rata Dunia

bonauli
detikTravel
Wide-angle view of a modern aircraft gaining the altitude outside the glass window facade of a contemporary waiting hall with multiple rows of seats and reflections indoors of an airport terminal El Prat in Barcelona
Ilustrasi pesawat (Getty Images/iStockphoto/skyNext)
Jakarta -

Keselamatan jadi faktor utama dan penting dalam transportasi, termasuk penerbangan. Indonesia sendiri punya nilai keselamatan yang di atas rata-rata.

Plt Direktur Jenderal Perhubungan Udara Nur Isnin Istiartono mengatakan saat ini pencapaian hasil audit keselamatan penerbangan Indonesia sudah di atas nilai rata-rata dunia.

"Kita harus pertahankan dan tingkatkan sehingga kepercayaan dunia terhadap keselamatan penerbangan Indonesia terus diakui dengan selalu mengupdate regulasi sesuai standar internasional dan melaksanakan efektif implementasinya," katanya dalam keterangan tertulis, Senin (3/10/2022).

Nur Isnin menghimbau kepada pengguna jasa transportasi udara agar bersama-sama mematuhi dan menaati aturan penerbangan.

"Kepatuhan terhadap aturan yang berlaku mulai dari pre flight, in flight dan post flight akan mewujudkan transportasi udara yang selamat, aman dan nyaman yang selama ini kita gaungkan," katanya.

Nur Isnin menyebut, kampanye ini digelar dalam rangka memeriahkan Hari Perhubungan Nasional yang diperingati pada 17 September lalu.

"Saya menghimbau, seluruh insan transportasi udara selalu meningkatkan kompetensinya, sharing pengetahuan dan pengalaman, terutama dalam hal peningkatan keamanan dan keselamatan penerbangan," katanya.

Sebelumnya pada Februari lalu, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi sudah mengatakan bahwa dari Indeks Keselamatan Penerbangan, merujuk hasil laporan ICAO Universal Safety Oversight Audit Programme (USOAP) atau audit pengawasan keselamatan penerbangan untuk identifikasi masalah, Indonesia menempati posisi yang bagus.

"Dari hasil itu menyampaikan indeks keselamatan penerbangan Indonesia berada di atas rata - rata negara Asia, dari Skor EI (effective implementation) berada pada level 80,84% di atas rata -rata Asia 75,3%," dalam paparanya di Rapat Dengar Pendapat dengan Komisi V DPR RI, Rabu (3/2/2021).

Selain itu Indonesia juga sudah mendapatkan pengakuan dari Federal Aviation Administration (FAA) di 2016, ICAO Coordinated Validation Mission di 2017, dan 2018 Eropa melepas larangan penerbangan dari maskapai Indonesia.



Simak Video "Akibat Cuaca Buruk, Pesawat Korea Air Tergelincir di Landasan Bandara Cebu"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/bnl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA