Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Selasa, 04 Okt 2022 15:40 WIB

TRAVEL NEWS

Deretan Acara 'Birthday Party' Kota Yogyakarta ke-266, Yuk Gabung

Syanti Mustika
detikTravel
Tugu Jogja menjadi salah satu spot favorit pegiat fotografi. Lampu-lampu jalanan hingga kendaraan bisa menjadi kanvas untuk melukis cahaya di Tugu Jogja.
Foto: Andhika Prasetia/detikcom
Jakarta -

Pemkot Yogyakarta telah menyiapkan rangkaian kegiatan untuk merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-266 Kota Jogja. Yuk, kamu yang lagi di Yogya gabung.

Dikutip dari portal berita Pemkot Yogyakarta, Sekretaris Daerah Kota Yogyakarta, Aman Yuriadijaya mengajak masyarakat untuk berpartisipasi dalam rangkaian HUT Yogyakarta 2022 yang mengusung tema Sulih Pulih Luwih.

"Kita ingin memastikan ulang tahun Kota Yogyakarta adalah ulang tahunnya seluruh masyarakat Kota Yogyakarta. Maka rangkaian acara ulang tahun Kota Yogyakarta merupakan gambaran kolaborasi aktivitas yang diikuti komponen masyarakat Kota Yogyakarta," kata Aman Yuriadijaya.

Tema sulih pulih luwih menggambarkan kondisi Kota Yogyakarta saat ini yang berhasil melewati pandemi dengan fase lebih baik. Tema itu diambil dari bahasa Jawa, sulih berati berganti, pulih berarti sembuh dan luwih artinya lebih. Kota Yogyakarta bisa memulihkan diri sendiri, tapi tetap juga bisa produktif dan mendapatkan sesuatu yang lebih.

Aman menyampaikan rangkaian HUT ke-266 Kota Jogja menjadi bagian untuk menciptakan atmosfer kebanggaan seluruh komponen masyarakat. Untuk itu kegiatan peringatan dibuat sebagai rangkaian agar greget kebersamaan masyarakat lebih terlihat.

"Itu menjadi kebanggaan bagi semua. Greget atau atmosfer yang menunjukan Yogya ini sedang ulang tahun," imbuh Aman.

Berikut rangkaian kegiatan HUT Kota Yogya ke-266 mulai tanggal 1-9 Oktober 2022. Terdapat 14 kegiatan.

1. Peluncuran logo HUT ke-266 Kota Jogja

Kegiatan diawali dengan peluncuran logo HUT ke-266 Kota Jogja pada 1 Oktober di Jakarta dan kawasan Kleringan Yogyakarta. Peluncuran logo di Jakarta itu bersamaan Kota Yogyakarta mengisi kegiatan Pesona Nusantara program dari DIY.

2. YoGowes hingga karnaval

Selain itu kegiatan bersepeda YoGowes pada 2 Oktober, karnaval pelajar TK, SD dan SMP pada 3- 6 Oktober, kegiatan seni budaya Sekar Rinonce dan Malioboro seribu kelir pada 4 Oktober dan pameran UMKM Sekati ing Mall pada 5-10 Oktober di Galeria Mall, Malioboro Mall dan Lippo Mall.

3. Rumaket

Terdapat kegiatan Rumaket (ruang masyarakat bertemu) menampilkan pelaku seni budaya dan pentas band pada 5 Oktober di Malioboro, peluncuran Mall Pelayanan Publik 6 Oktober di Balai Kota Yogyakarta dan Gebyar Pameran Foto dan Keris di XT Square pada 6-9 Oktober 2022.

4. Wayang Jogja Night Carnival

Puncak peringatan HUT ke-266 Kota Jogja yakni Wayang Jogja Night Carnival di kawasan Tugu Yogyakarta pada 7 Oktober. Peringatan HUT ke-266 Jogja juga dimeriahkan dengan kegiatan Mandiri Fashion Day di Pasar Beringharjo pada 8 Oktober, Malioboro Night Coffee di Jalan Jenderal Sudirman pada 8-9 Oktober.

Kegiatan Yogya Mandiri Fashion Day menampilkan fesyen show yang dilakukan oleh para komunitas pasar seperti pedagang, buruh gendong dan sebagainya. Rangkaian kegiatan ditutup dengan acara Malam Apresiasi HUT ke-266 Kota Jogja di Balai Kota Yogyakarta.



Simak Video "Ogah Bayar Utang Rp 80 Juta, Pria di Yogya Bunuh Kakeknya"
[Gambas:Video 20detik]
(sym/sym)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA