Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Selasa, 04 Okt 2022 18:40 WIB

TRAVEL NEWS

KTT G20 Bikin Bali Ramai, Turis Umum Disarankan Nginap di Hotel-hotel Ini

Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno memaparkan sejumlah persiapan yang telah dilakukan jelang pelaksanaan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 dalam Weekly Brief with Sandi Uno di Gedung Sapta Pesona, Jakarta Pusat, Senin (3/10/2022).
Sandiaga Uno dalam media briefing Senin (3/10/2022) Foto: Kemenparekraf
Jakarta -

Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 akan membuat Bali ramai oleh kedatangan delegasi dari berbagai negara. Lalu, apakah ada rekomendasi untuk wisatawan yang akan datang ke Bali di tanggal-tanggal pelaksanaan G20? Apakah sebaiknya menghindari tanggal tersebut untuk menghindari sulitnya mencari akomodasi hingga pesawat?

"Persiapan terkait G20 tentunya kami terus berkoordinasi dengan kementerian/lembaga untuk mengatur wisatawan yang ingin ke Bali. Baik mengenai penambahan jumlah penerbangan hingga akomodasi wisatawan yang ingin ke pulau dewata," kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno dalam media briefing, Senin (13/10/2022.

"Pelaksanaan KTT G-20 yang dipusatkan di kawasan Nusa Dua Bali, dipastikan tingkat hunian kamar (okupansi) hotel di kawasan tersebut full booking, sehingga disarankan wisatawan yang akan berlibur ke Bali pada tanggal bersamaan pelaksanaan KTT, kami sarankan untuk menginap di luar kawasan Nusa Dua, seperti Kuta, Ubud, Kabupaten Gianyar, Sanur, Denpasar, dan di kawasan Lovina, Kabupaten Buleleng," saran Sandiaga.

Lebih lanjut, ia menjelaskan bahwa dalam rentang waktu satu-dua hari menjelang hari H atau pelaksanaan KTT G20 diperkirakan akan terjadi peningkatan frekuensi penerbangan, terutama kedatangan para kepala negara dari 20 negara anggota G20. Sesuai protap kedatangan penerbangan VVIP akan mendapat prioritas landing di Bandara Ngurah Rai Bali.

"Wagub Bali Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati (Cok Ace) mengatakan, saat ini jumlah wisatawan mancanegara (wisman) yang datang ke Bali mencapai 10 ribu orang per hari atau hampir menyamai dengan jumlah kunjungan turis domestik atau wisatawan nusantara (wisnus) mencapai 11 ribu per hari," kata dia.

"Namun masih jauh di bawah saat sebelum pandemi COVID-19 mencapai 17 ribu wisman per hari. Kedatangan wisman tidak langsung linier dengan jumlah tingkat hunian kamar hotel. Saat ini okupansi hotel di kawasan Nusa Dua mencapai 80-100 persen, sementara di luar Nusa Dua seperti Kuta," imbuh dia.



Simak Video "Melihat Lokasi KTT G20 yang Bakal Digelar Hari Ini"
[Gambas:Video 20detik]
(msl/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA