Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Rabu, 05 Okt 2022 18:41 WIB

TRAVEL NEWS

Semua Turut Berduka, Patung Singa Stadion Kanjuruhan Dipenuhi Bunga

Patung Singa Stadion Kanjuruhan
Patung Singa Kanjuruhan dipenuhi bunga. Foto: Muhammad Aminudin/detikJatim
Malang -

Ratusan ungkapan duka berjajar di sekitar Stadion Kanjuruhan. Kawasan stadion itu kini dipenuhi karangan bunga dari seluruh lapisan masyarakat.

Tragedi mengerikan yang terjadi usai laga Arema FC vs Persebaya pada Sabtu (1/10/2022) malam menorehkan luka mendalam bagi Indonesia. Hingga kini Stadion Kanjuruhan terus didatangi mereka yang ikut berduka.

Berdasarkan pantauan detikJatim di lokasi, Rabu (5/10) pagi, banyak karangan bunga diletakkan di sekitar patung Singa yang berada di luar stadion. Karangan bunga tersebut berasal dari berbagai kalangan. Mulai dari organisasi massa, kepemudaan, komunitas, pejabat, hingga kelompok suporter dari berbagai daerah.

Menurut warga setempat karangan bunga sebagai bentuk ungkapan duka cita itu sudah berdatangan sejak Senin (3/10).

"Sudah banyak datang sejak dua hari lalu," kata Nursalim yang ditemui di lokasi Stadion Kanjuruhan, Rabu (5/10).

Pada hari ke-4 pasca tragedi Kanjuruhan, stadion masih ramai didatangi warga. Mereka datang dan menyempatkan untuk ke lokasi patung Singa.

Patung Singa Stadion KanjuruhanPatung Singa Stadion Kanjuruhan dipenuhi karangan bunga dan mereka yang berduka. Foto: Muhammad Aminudin/detikJatim

Tak sekadar berkunjung, mereka yang datang juga ikut berdoa untuk para korban. Banyak dari mereka yang juga menaburkan bunga di sekitar stadion.
Bukan hanya mereka yang sengaja datang. Tak jarang para pengguna jalan yang melintas juga menyempatkan untuk berhenti di depan patung Singa. Biasanya mereka berhenti sejenak dan menundukkan kepala.

Tak sedikit pula yang tampak terdiam dan tersedu. Ikut merasakan kepedihan mendalam yang dirasakan mereka yang menjadi korban serta para keluarga yang ditinggalkan.

"Ada beberapa teman yang saya kenal, mereka meninggal dengan cara tragis," ungkap seorang perempuan berjilbab yang enggan menyebutkan namanya di lokasi dengan mata sembab.

Hingga saat ini korban meninggal dari tragedi Kanjuruhan terus bertambah. Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menyebut, ada korban meninggal belum terdata, sehingga angkanya bertambah dari 125 ke 131.

"Kemarin ada yang ditemukan identitasnya, (Korban) langsung dibawa pulang. Kemarin saya takziyah itu salah satu korban namanya yang belum direkap. Kemudian dihitung, ada (tambahan) 6 korban meninggal dunia yang namanya belum terekap," kata Khofifah di Gedung Negara Grahadi.

Hari ini Presiden Joko Widodo dijadwalkan datang ke Stadion Kanjuruhan. Sehingga di sekitar area stadion terdapat banyak personel keamanan yang bersiaga untuk persiapan pengamanan kedatangan Presiden Jokowi.

Selain ke Stadion Kanjuruhan, Jokowi juga dijadwalkan akan mengunjungi korban yang tengah menjalani perawatan di Rumah Sakit dr Syaiful Anwar (RSSA) Kota Malang.

Artikel ini telah tayang di detikJatim.



Simak Video "Survei Siapa Paling Bertanggung Jawab atas Tragedi Kanjuruhan: Polisi"
[Gambas:Video 20detik]
(ysn/ysn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA