Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Kamis, 06 Okt 2022 16:41 WIB

TRAVEL NEWS

Sebelum Agnez Mo, Ada Bung Karno dan Jokowi di Madame Tussauds

Putu Intan
detikTravel
Patung Jokowi di Madame Tussauds
Foto: (Madame Tussauds/Istimewa)
Jakarta -

Sebelum Agnez Mo, ada sejumlah tokoh Indonesia termasuk Presiden Sukarno dan Jokowi yang patungnya juga mejeng di Madame Tussauds.

Patung lilin Presiden RI pertama Sukarno diketahui disimpan di Madame Tussauds Bangkok sejak 2012. Patung Bung Karno mengenakan pakaian formal lengkap dengan peci hitam dan tongkat komando.

Tongkat komando yang dipegang oleh patung Bung Karno merupakan replika milik Prananda Prabowo, putra Megawati Soekarnoputri. Tongkat Komando dibuat dari kayu rampung, suatu jenis kayu langka dan dianggap bertuah dalam kebudayaan Jawa. Bagian dalam Tongkat Komando diisi dengan kayu wunglen, yang menggambarkan besarnya energi pengabdian tanpa akhir Bung Karno.

Peci hitam yang dipasangkan di patung Bung Karno juga tak kalah menarik. Peci itu asli dan dibuat di tempat langganan Bung Karno di Bandung sesuai dengan pesanan Puti Guntur, putri Guntur Soekarnoputra.

Mengenai peci hitam, Bung Karno menyebutnya sebagai ciri khas bangsa Indonesia. Itu tertulis dalam buku 'Penyambung Lidah Rakyat Indonesia' tulisan Cindy Adams berdasarkan wawancara langsung dengan Bung Karno.

Dalam proses pengerjaan patung Sukarno, tim Madame Tussauds mengumpulkan data dari berbagai sumber. Ini karena tokoh tersebut sudah meninggal pada 1970. Tim melakukan riset pada keluarga hingga mencari data dari Uni Soviet dan Amerika Serikat.

Sementara itu patung lilin Presiden RI ketujuh Joko Widodo (Jokowi) dipamerkan di Madame Tussauds Hong Kong. Patung lilin Jokowi ini diresmikan pada musim panas 2017. Pembuatan patung tersebut menelan biaya HS$ 1,8 juta atau sekitar Rp 3 miliar.

Nilai mahal dari patung terlihat dari detail patung yang mirip dengan aslinya. Mulai dari warna rambut, bola mata, warna kulit sampai pakaian.

Jokowi dipilih untuk diabadikan menjadi patung lilin mulanya berdasarkan hasil polling. Jokowi mengalahkan tokoh lain yakni Hilary Clinton, Donald Trump, dan Lionel Messi.

"Ketika kita mengajukan pertanyaan untuk semua orang, siapakah yang ingin ditemui di galeri ini berikutnya, dan Jokowi berada di peringkat yang sangat tinggi," kata General Manager Madame Tussauds Hong Kong Jenny You Jenny saat jumpa pers di kantor Presiden, Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (12/10/2016).

Setelah membuat polling, Madame Tussauds Hong Kong juga meriset tentang figur Jokowi. Rupanya mereka pun menilai Jokowi sebagai figur yang layak diabadikan.

"Kami percaya bahwa Pak Presiden sangat unik, gaya kepemimpinan unik. Tentu saja kita melakukan banyak survei untuk Pak Presiden. Dan kami menemukan bahwa Pak Presiden adalah orang yang sangat rendah hati, gaya kepemimpinannya, perhatiannya tinggi terhadap orang-orang, khususnya untuk orang-orang miskin, dan ditambah dia concern dalam pemberantasan korupsi di negeri ini," kata Jenny.

Selain kedua tokoh tersebut dan Agnez Mo, tokoh Indonesia lainnya yang patung lilinnya juga dipamerkan di Madame Tussauds adalah Rudy Hartono dan Anggun C. Sasmi.



Simak Video "Momen Agnez Mo Pose Bareng Patung Lilinnya di Madame Tussauds"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/pin)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA