Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Sabtu, 08 Okt 2022 20:40 WIB

TRAVEL NEWS

Ada Tradisi Lempar Uang di Perayaan Maulid Madura

Kamaluddin
detikTravel
tradisi maulid nabi di madura
Tradisi lempar uang di Masjid Agung Sampang (Kamaluddin/detikJatim)
Sampang -

Maulid Nabi Muhammad SAW jatuh pada hari Sabtu (8/10). Warga Madura merayakannya dengan salawat dan tradisi lempar uang.

Ratusan warga berbagai usia terlihat berkumpul di halaman Masjid Agung Sampang pada Sabtu (8/10/2022). Mereka tampak bersiap menangkap koin maupun uang kertas yang dilemparkan ke arah halaman Masjid.

"Jam 06.00 WIB warga sudah berkumpul di Masjid, mereka terlebih dahulu mengikuti acara salawatan dan ceramah. Baru setelah itu, jemaah yang memiliki uang lebih biasanya melemparkan koin ke halaman masjid untuk warga" kata Eki, pengurus Takmir Masjid Agung Sampang.

Tradisi pelemparan koin ini rutin dilakukan jemaah Masjid tiap perayaan Maulid Nabi. Kegiatan ini sudah berlangsung secara turun-temurun.

"Dulunya hanya uang koin yang dilempar, tapi sulit untuk mendapatkan uang koin banyak dan sebagian juga tidak ingin ribet, sehingga mereka menggunakan juga uang kertas," ungkap Eki.

Kegiatan ini menjadi hiburan tersendiri bagi anak-anak dan remaja sekitar sana. Mereka antusias berlari dan menangkap uang-uang itu.

"Banyak dapatnya, cuman berapa jumlahnya saya belum ngitung," kata salah satu anak yang mengikuti kegiatan itu, Alif.

Salah satu jemaah masjid, Mohammad Toha ikut melemparkan uang di halaman masjid. Menurut dia, hal ini sebagai bentuk melestarikan tradisi dan berbagi kebahagiaan.

"Lempar koin ini kan sudah tradisi sejak saya masih kecil dulu, saya juga pernah ikut rebutan. Manfaatnya insyaallah kita sebagai pemberi uang akan mendapatkan ketenangan dan rezeki," papar Toha.

***

Artikel ini telah tayang di detikJatim. Baca artikel selengkapnya di sini.



Simak Video "Jual Parsel Buah-buahan, Pedagang Lumajang Raih Untung 10 Kali Lipat"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/bnl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA