Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Senin, 10 Okt 2022 11:53 WIB

TRAVEL NEWS

Mangga di Indramayu: Dulu Penanda Rumah Orang Kaya, Kini Julukan Kota

Sudedi Rasmadi
detikTravel
Indramayu dikenal dengan Kota Mangga. Ada keberagaman varietas mangga di Indramayu yang terkenal.
Mangga Indramayu (Foto: Sudedi Rasmadi/detikcom)
Indramayu -

Kabupaten Indramayu tersohor sebagai "Kota Mangga" bukan muncul dari kisah baru. Sejarah menunjukkan mangga memang spesial bagi kawasan di Jawa Barat itu.

Itu merupakan hasil disertasi tentang pengembangan mangga di Kabupaten Indramayu oleh Imam Mahdi. Dia menyebut bahwa selain India, Indramayu juga sebagai bias endemik pohon mangga. Terbukti, secara teori ahli geologi Reinout Willem van Bemmelen, yang menerangkan sebelum masa pleistosen pulau Jawa masih satu daratan dengan India.

Diterangkan sebelum pleistosen, ada dua daratan yang kemudian disebut paparan sunda dan paparan sahul. Dimana paparan sunda disebut pulau Jawa masih satu daratan dengan India. Antara pulau Kalimantan dan Sumatera ada sungai besar yang juga sebagai muara Sungai Cimanuk.

Dari teori itu, membuktikan adanya kesamaan komoditas pangan antara India dan Jawa. Seperti pohon mangga hingga jenis satwa. Namun, untuk tanaman mangga tentu memiliki wilayah bias endemik.

"Dari berbagai sumber, saya berani mengatakan bahwa mangga itu bisa saja sejak masa prasejarah sudah ada di Indramayu," kata Imam yang juga Kepala Bidang Tanaman Pangan, di Dinas Ketahanan Pangan dan Peter (DKPP) Indramayu, dalam perbincangan dengan detikJabar.

Mangga (Pelem) Dalam Naskah Kuno Indramayu

Bukti lain juga menyebutkan bahwa mangga sudah ada di Indramayu. Seperti dalam sebuah naskah kuno di Indramayu, tercatat nama-nama jenis mangga. Penyebutan nama jenis mangga seperti mangga bapang, dodol dan mangga cengkir tertera dalam lontar lontar naskah kuno.

Mangga ditulis di lontar naskah kuno tersebut dengan nama Pelem. Penyebutan nama pelem juga dianggap Imam ada kemiripan dengan sebutan mangga di India yaitu mempelam atau bahasa Hindi diartikan aam.

Indramayu dikenal dengan Kota Mangga. Ada keberagaman varietas mangga di Indramayu yang terkenal.Indramayu dikenal dengan Kota Mangga. Ada keberagaman varietas mangga di Indramayu yang terkenal. (Sudedi Rasmadi/detikcom)

Sehingga, benar bahwa mangga bisa dikatakan bukan dari India melainkan hanya merupakan bias endemik. Dan Indramayu dimungkinkan menjadi salah satu endemik pohon mangga.

"Nama-nama mangga itu tertulis di lontar lontar yang sekarang masih dirawat oleh Ki Tarka dan putrinya. Kalau saja tidak ada masa kolonial Belanda, bisa saja kita masih menggunakan tulisan palawa sansakerta," ujar Imam menunjukkan bukti lain dari endemik mangga.

Zaman Hindu Buddha dan Kerajaan Islam.

Seorang doktor yang juga sebagai Kepala Bidang Tanaman Pangan, di Dinas Ketahanan Pangan dan Peter (DKPP) Indramayu, Imam melanjutkan argumen nya yang ditulis dalam disertasinya.

Bahwa pada zaman Hindu-Buddha dalam kitab Weda, pohon mangga menjadi salah satu yang disucikan. Kemudian, berkembang menjadi kultur masyarakat Indramayu yang dulunya seolah mewajibkan menanam pohon mangga di halaman rumah.

Pohon mangga juga terekam dalam sejarah kerajaan. Ketika pemerintahan Mr. Herman Willem Daendels membagi kerajaan Cirebon menjadi 4 kesultanan. Dan Kesultanan Kacirebonan memiliki wilayah di sekitar Kabupaten Cirebon dan Indramayu, yang berbasis memiliki pohon mangga. Sehingga tidak heran, di sekitar area Kacirebonan banyak pohon mangga berbagai jenis.

"Di Keraton Kacirebonan itu ada pohon pohon mangga yang lama, ada gedong, Cengkir, Bapang juga ada," kata Imam.

"Mangga itu tidak ditebang, karena mangga ini dikonstruksi sebelum Islam masuk atau prasejarah atau Zaman Hindu Buddha, konstruksi mangga sebagai buah suci," ujar Imam.

Dari sejak itu, menanam pohon mangga di setiap halaman rumah membudaya di Indramayu. Bahkan, dikatakan rumah yang memiliki pohon mangga diklaim sebagai orang kaya.

Meski Indramayu bukan menjadi produsen mangga terbesar. Melainkan produksi mangga terbesar justru di Jawa Tengah. Namun, Indramayu tetap dijuluki sebagai Kota Mangga, karena keaslian wilayah sebagai bias endemik mangga.

Selain itu, Indramayu memiliki muara Sungai Purba Cimanuk yang lokasinya berdekatan dengan laut membuat buah yang di hasilkan lebih eksotis dengan rasa yang lebih manis.



Simak Video "Mengenal Seni Bujanggaan di Indramayu"
[Gambas:Video 20detik]
(fem/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA