Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Selasa, 11 Okt 2022 10:31 WIB

TRAVEL NEWS

Sirkuit Mandalika Kembali Gelar WSBK 2022 di Bulan Depan

Sirkuit MotoGP Mandalika Lombok Tengah, NTB
WSBK (Foto: Jairo Diaz Reina)
Jakarta -

World Superbike (WSBK) 2022 siap digelar. Ini adalah event kedua kalinya di SirkuitMandalikaLombok.

Perhelatan balap itu pada 11 hingga 13 November 2022. Menparekraf Sandiaga dalam temu wartawan, Senin (10/10/2022), mengatakan bahwa persiapan WSBK 2022 terus dilakukan.

"Saya mengapresiasi persiapan yang terus dilakukan dengan baik, termasuk Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat bersama pemerintah daerah, para stakeholder, industri pariwisata di NTB, dan banyak pihak dalam mempersiapkan event ini," kata dia.

Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Kegiatan (Event) Kemenparekraf, Rizki Handayani, menjelaskan pihaknya telah menandatangani kesepakatan dengan Dorna Sports selaku promotor dan pemegang lisensi WSBK untuk penyelenggaraan WSBK 2022 di Sirkuit Mandalika.

"Tiga minggu yang lalu kita sudah melakukan penandatanganan dengan Dorna untuk penyelenggaraan WSBK ini dan mereka sangat mengapresiasi bagaimana koordinasi yang baik dengan ITDC, MGPA, dan Kemenparekraf," kata Rizki.

Dari berbagai persiapan, salah satu yang menjadi perhatian dari Dorna Sports dan juga FIM (Federasi Olahraga Sepeda Motor Internasional) adalah penyempurnaan lintasan sirkuit

Penyempurnaan permukaan lintasan utama dilakukan dengan cara pengaspalan ulang pada track, penambahan run off pada beberapa tikungan yakni 10, 11, dan 12, serta perubahan kerb pada beberapa tikungan dari kerb biasa menjadi Misano Kerb guna meningkatkan standar keamanan.

"Mereka sangat antusias untuk penyelenggaraan di Indonesia dan dengan sirkuit yang juga terus diperbaiki, ditingkatkan mereka sudah happy dan menilai sudah sesuai dengan standar. Setelah berkembangnya MotoGP dan WSBK ini tentunya para penggemar motor-motor akan makin banyak di Indonesia," kata Rizki.

Apresiasi IronMan 70.3

Dalam kesempatan itu, Sandiaga juga mengapresiasi kesuksesan penyelenggaraan event sport tourism IronMan 70.3 di Lombok beberapa waktu lalu. Penyelenggaraan event tersebut mendapat apresiasi dari berbagai pihak termasuk peserta.

Salah satunya adalah pengamanan dari Polda NTB yang memastikan para peserta dapat mengikuti kegiatan dengan aman dan nyaman.

"Banyak yang memberikan apresiasi karena untuk penyelenggaraan pertama di Lombok, tapi sudah bisa sebaik itu. Karena yang paling sulit dalam kegiatan ini adalah bagaimana jalan itu harus steril sehingga para pesepeda dan pelari dapat berlomba dengan nyaman. Sebagai penyelenggaraan pertama kali, Lombok telah menetapkan suatu prestasi yang tinggi. Saya salut dengan jajaran Polda NTB dalam mendukung pelaksanaan IronMan," kata Sandiaga.



Simak Video "Penampakan Logistik WSBK Mandalika 2022 Tiba di Lombok"
[Gambas:Video 20detik]
(msl/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA