Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Kamis, 13 Okt 2022 18:40 WIB

TRAVEL NEWS

Pengamat: Indonesia Harus Berani Ubah Pandemi Jadi Endemi Demi Pariwisata

Ilustrasi turis asing di Bali
Foto: Ilustrasi turis di Bali (dok. Kemenparekraf)
Jakarta -

Pengamat pariwisata Taufan Rahmadi menyuarakan soal perubahan status pandemi COVID-19 menjadi endemi agar sektor pariwisata Indonesia makin cepat bangkit.

Menurut Taufan, sudah saatnya Indonesia mendorong agar pandemi COVID-19 statusnya diubah menjadi endemi. Apalagi menjelang penyelenggaraan KTT G20 yang rencananya akan dihadiri oleh sejumlah pimpinan negara penting di dunia.

Taufan menyadari setiap negara memiliki tantangan yang berbeda, namun semua itu ada indikatornya yang bisa dipantau dan dicapai.

"Setiap negara punya tantangan yang berbeda. Tapi, kalau saya melihat, sudah waktunya Indonesia berani untuk bisa mengubah status dari pandemi menjadi endemi," ujar Taufan kepada detikTravel, Kamis (13/10/2022).

"Kita lihat saja indikator-indikatornya. Misalnya, tingkat penularan semakin turun, tingkat kematian semakin turun, yang sembuh semakin tinggi. Jadi saya ingin mendorong agar pandemi bisa segera diubah statusnya menjadi endemi," tegas Taufan.

Taufan yakin, dengan berubahnya status dari pandemi menjadi endemi, kebangkitan sektor pariwisata Indonesia akan jadi lebih cepat, meski menurut data UNWTO, kebangkitan sektor pariwisata seperti pada masa sebelum pandemi baru bakal terjadi di tahun 2024.

"Ini saya yakin bisa mempercepat kebangkitan pariwisata kita. Boleh saya katakan, di setiap daerah pun sudah relatif tidak ada penularan COVID-19," ujarnya yakin.

Selama ini, pemerintah Indonesia sudah mengeluarkan kebijakan-kebijakan yang mempermudah dan memperlonggar wisatawan untuk berpergian. Destinasi wisata juga sudah dibenahi, event-event juga diperbanyak, sekarang hanya tinggal keberanian untuk mengubah status pandemi menjadi endemi.

"Intinya, sudah waktunya pariwisata Indonesia di momentum G20 ini mendeklarasikan, mendorong negara-negara lain untuk bersama-sama merubah status pandemi global menjadi endemi, sehingga kebangkitan pariwisata, baik secara global ataupun di Indonesia, bisa lebih cepat," tutupnya.



Simak Video "Jokowi Sebut Efek Pencabutan PPKM Terlihat Februari 2023"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/wsw)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA