Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Sabtu, 15 Okt 2022 19:16 WIB

TRAVEL NEWS

Mengenal Waruga, Kubur Batu yang Bentuknya Mirip Rumah Adat

Trisno Mais
detikTravel
Makam Waruga
Waruga. Foto: Istimewa
Minahasa -

Makam Waruga merupakan tempat penguburan leluhur warga pribumi Minahasa pada zaman batu. Kuburan ini memiliki bentuk yang unik karena menyerupai miniatur rumah adat.

Di dalam makam Waruga, mayat tidak dibaringkan seperti pada umumnya. Tetapi dimakankan dalam kondisi meringkuk.

Sejarawan dari Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) Manado, Sulawesi Utara (Sulut) Dr Ivan R B Kaunang menjelaskan bahwa Waruga secara historis dan kultural disebut kosmologi yakni alam kepercayaan orang Minahasa dalam menguburkan manusia. Waruga bagi warga pribumi Minahasa dianggap sebagai tempat persinggahan untuk menuju alam baka.

Ivan mengatakan cara pemakaman seperti ini dilakukan oleh masyarkat Minahasa di zaman batu. Makam ini terbuat dari batu dengan bagian atas berbentuk kubus, kemudian penutupnya berbentuk segi tiga.

"Jadi, ada satu pemahaman orang Minahasa itu Waruga itu adalah tempat persinggahan untuk menuju alam baka. Waruga itu berbicara di zaman batu, kira-kira dua atau tiga ribu tahun lalu," jelas Ivan ketika ditemui detikcom, Jumat (30/9/2022), di ruang kerjanya.

Lebih lanjut, Ivan menjelaskan Waruga terbuat dari material batu yang diambil di sungai. Proses pembuatan Waruga tersebut cukup lama karena harus dipahat serta dibuat motifnya sesuai dengan pekerjaan atau kehidupan sehari-hari orang yang meninggal.

Dahulu, kata Ivan, ada Waruga yang dibuat sendiri. Artinya, sebelum mereka meninggal mereka telah mempersiapkan material Waruga. Sehingga bisa langsung digunakan ketika mereka meninggal dunia.

Namun, ada pula Waruga yang dibuat secara gotong royong oleh komunitas mereka pada hari dimana seorang meninggal dunia.

"Waruga pada saat itu ada yang dibuat sendiri serta dibuat oleh komunitasnya, di bagian atas waruga itu berbentuk kubus, dan berbentuk segi tiga itu penutupnya," katanya.

Artikel ini sudah tayang di detikSulsel. Baca selengkapnya di sini.



Simak Video "Fakta-fakta Sidang Perdana Kasus Narkoba Irjen Teddy Minahasa "
[Gambas:Video 20detik]
(pin/pin)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
Live Breaking News
×
Pleidoi Hendra Kurniawan Cs
Pleidoi Hendra Kurniawan Cs Selengkapnya