Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Senin, 17 Okt 2022 14:11 WIB

TRAVEL NEWS

Harimau Ditembak Mati Setelah Terkam 9 Orang

Collarwali: Mengenang harimau betina
Harimau Benggala India (Foto: BBC Magazine)
Jakarta -

Harimau bengal di India menerkam membunuh sembilan orang. Tak lama, ia diburu dan ditembak mati.

Melansir BBC, Senin (17/10/2022), polisi di India menembak mati seekor harimau. Itu setelah ia menewaskan sedikitnya sembilan orang di Champaran, negara bagian Bihar.

Dijuluki pemakan manusia Champaran, binatang itu dibunuh setelah diburu oleh sekitar 200 petugas polisi dan pejabat distrik. Beberapa petugas berpatroli di atas gajah untuk menemukannya.

Harimau jantan telah meneror masyarakat di sekitar Cagar Alam Harimau Valmiki. India sendiri adalah rumah bagi lebih dari 70% harimau liar di dunia.

Cagar alam harimau India, kawasan lindung di mana hewan dapat hidup, terus digerus. Tingkatnya semakin memprihatinkan dibanding dengan populasi harimaunya.

Karena keadaan itu, harimau terpaksa berburu ke daerah yang sudah ramai manusia untuk bertahan hidup. Akibatnya, ternak dan terkadang orang pun tewas diterkamnya.

Operasi penangkapan harimau tersebut dipimpin oleh polisi Bihar. Mereka mengepung ladang tebu di dekat desa Sitaltola Baluwa untuk membunuh harimau berusia tiga tahun yang dikenal sebagai T-104.

Kumar Gupta, kepala sipir satwa liar untuk wilayah tersebut, mengatakan kepada Times of India bahwa harimau itu telah diidentifikasi sebagai hewan yang berbahaya bagi kehidupan manusia.

Direktur Valmiki Tiger Reserve, Nesamani K, mengatakan perburuan terakhir untuk menemukan T-104 telah tak lama setelah muncul kabar bahwa seorang ibu dan anaknya tewas dalam serangan harimau.

"Itu adalah malam tanpa tidur bagi seluruh desa. Sementara beberapa dari kami terus membenturkan batu satu sama lain, yang lain terus memukuli wadah timah untuk mengusir harimau itu," kata Paltu Mahato kepada Hindustan Times.

Upaya untuk menenangkan hewan itu tidak berhasil dan harimau itu menunjukkan tidak ada rasa takut sama sekali ketika dikelilingi oleh tim.

Dua tim, dengan dua gajah, pergi ke hutan, dan yang ketiga bersiaga di mana pihak berwenang mengira harimau itu akan keluar. T-104 ditembak pada pukul 15.15 waktu setempat.

Penjaga satwa liar Bihar mengatakan tidak ada informasi lain yang terkait harimau lain. Menurut data pemerintah yang diterbitkan pada 2019, antara 40 dan 50 orang dibunuh oleh harimau setiap tahun.



Simak Video "Momen Anggota DPRD DKI-Animal Defender Sidak Harimau Benggala Juve"
[Gambas:Video 20detik]
(msl/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA