Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Kamis, 20 Okt 2022 07:12 WIB

TRAVEL NEWS

Pekerja Situs Warisan Tabrak Toilet Tertua Jepang, Umurnya 700 Tahun!

Toilet tertua di Jepang
Toilet tertua di Jepang berumur 700 tahun ditabrak pekerja (Foto: BBC)
Jakarta -

Seorang pria yang tugasnya melestarikan warisan budaya Jepang melakukan kesalahan. Ia secara tidak sengaja menabrakkan mobilnya ke toilet tertua di negara itu.

Melansir BBC, Kamis (20/10/2022), kejadian itu berlangsung di sebuah kuil Buddha yang tentunya sudah berusia berabad-abad. Adalah toilet komunal di Tofukuji di Kyoto, bangunan berasal dari abad ke-15 dan ditetapkan sebagai aset budaya yang penting.

Pintu kunonya hancur setelah karyawan itu menginjak gas tanpa menyadari mobil itu mundur, kata polisi. Tidak ada yang terluka dan jamban yang ada di dalamnya beruntung tetap utuh.

Pria yang tidak disebutkan namanya, yang bekerja di Pelestarian Warisan Kyoto menelepon polisi segera setelah kecelakaan itu. Ia memberi tahu mereka bahwa dia telah menabrak kuil.

Dia dikatakan mengunjungi kuil untuk urusan bisnis, menurut surat kabar Sankei Shimbun. Sebuah foto di surat kabar menunjukkan sebuah mobil menabrak pintu kayu dan pilar toilet berusia 700 tahun.

Toshio Ishikawa, direktur Institut Penelitian Tofukuji, terkejut dengan efek kecelakaan itu. Pejabat lain mengatakan bahwa meskipun kerusakan dapat diperbaiki, memulihkan toilet ke keadaan semula akan membutuhkan banyak pekerjaan.

Toilet umum yang tidak digunakan, dikenal sebagai tōsu, dibangun pada paruh pertama periode Muromachi (1336-1573). Lokasinya terletak di dalam Kuil Tofukuji.

Dijuluki hyakusecchin, yang berarti toilet 100 orang, karena fasilitas itu digunakan lebih dari 100 biksu magang di kuil yang mempraktikkan disiplin diri secara religius, surat kabar Asahi Shimbun melaporkan.

Koran itu menggambarkannya sebagai struktur yang berisi barisan batu yang menahan sekitar 20 lubang melingkar.



Simak Video "Toilet Umum Berpotensi Jadi Tempat Penularan HPV, Pemicu Kanker Serviks "
[Gambas:Video 20detik]
(msl/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
Adu Perspektif
×
Janji Politik Lama, Bersemi Kembali
Janji Politik Lama, Bersemi Kembali Selengkapnya