Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Kamis, 27 Okt 2022 16:16 WIB

TRAVEL NEWS

Rasanya Campur Aduk, Lion Air dengan Mesin Terbakar Mendarat dengan Selamat

detikTravel
Beredar di media sosial mesin pesawat Lion Air JT330 terbakar. Corporate Communications Strategic of Lion Air, Danang Mandala Prihantoro belum bisa memastikan foto tersebut karena masih diselidiki.
Foto: Twitter @syrfaljbbr
Jakarta -

Pesawat Lion Air dengan nomor penerbangan JT330 putar balik ke Bandara Soekarno-Hatta. Dengan mesin terbakar, pesawat mendarat darurat dan seluruh penumpang selamat.

Lion Air, yang take off pada 17.13 WIB itu, putar yang terbang dari Bandara Soetta mengalami gangguan mesin pada Rabu (26/10/2022). Di udara selama 39 menit, pesawat putar balik.

Para penumpang yang sempat panik, bersyukur dan tepuk tangan saat pesawat yang seharusnya menuju Bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang itu berhasil mendarat darurat.

Salah seorang penumpang Lion Air bernama Gustria Kurnia Putri membagikan video dan cerita saat pesawat putar balik lalu mendarat. Dalam video yang diterima detikcom, Rabu (26/10) suasana di dalam kabin gelap.

Suasana penumpang saat itu panik. Terdengar pula suara tangisan.

"Astagfirullah," kata seseorang dalam rekaman video tersebut.

Pesawat akhirnya berhasil mendarat. Saat itu para penumpang menyampaikan ucapan syukur dan bertepuk tangan.

"Huh, deg-degan. Alhamdulillah," kata Gustria.

Gustria menyampaikan kondisi di dalam kabin panas dan pengap. Menurutnya, AC tidak menyala lagi.

"Uap di dalam pesawat udah panas, AC-nya juga nggak berasa, udah pengap," kata Gustria.

Dia juga mengaku mendengar suara ledakan saat pesawat lepas landas atau take off. "Tadi pas take off terdengar suara ledakan," ucapnya.

Gustria menuturkan penumpang lainnya melihat sayap pesawat bagian kiri mengeluarkan api. Gustria mengatakan pesawat saat itu baru terbang selama 30 menit di udara.

"Selang 5-10 menit, ada penumpang yang sadar bahwa pesawat sayap bagian kiri mengeluarkan api. Sekitar 30 menit kita di atas baru landing," ujarnya.

Corporate Communications Strategic of Lion Air Danang Mandala Prihantoro menyebut pada ketinggian jelajah 3.000 kaki, pilot merasakan kinerja pada salah satu komponen mesin pesawat tidak sesuai dengan yang semestinya dan menunjukkan perlu segera dilakukan pengecekan. Pesawat itu mengangkut enam kru dan 169 penumpang.

Lion Air mengklaim pesawat sudah dicek dan dinyatakan layak terbang sebelum mengudara.



Simak Video "Momen Kepanikan Penumpang Lion Air Usai Tabrak Garbarata di Bandara Merauke"
[Gambas:Video 20detik]
(fem/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
Adu Perspektif
×
Janji Politik Lama, Bersemi Kembali
Janji Politik Lama, Bersemi Kembali Selengkapnya