Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Selasa, 01 Nov 2022 18:41 WIB

TRAVEL NEWS

Gambar Ganesha di Uang Rp 20.000 Bikin Geger di India

Danang Sugianto
detikTravel
Sebuah uang rupiah pecahan Rp 20.000 tahun 1998 saat ini menjadi perhatian publik. Dalam uang pecahan tersebut, terdapat gambar dewa Hindu yaitu Ganesha dan Mantan Menteri Pengajaran Republik Indonesia bernama Ki Hadjar Dewantara.
Sebuah uang rupiah pecahan Rp 20.000 tahun 1998 saat ini menjadi perhatian publik. Dalam uang pecahan tersebut, terdapat gambar dewa Hindu yaitu Ganesha dan Mantan Menteri Pengajaran Republik Indonesia bernama Ki Hadjar Dewantara. (Foto: dok. Istimewa)
Jakarta -

Uang Rp 20.000 keluaran Bank Indonesia (BI) menjadi heboh di India. Warga India bertanya-tanya gambar di lembaran uang itu karena ada gambar patung Dewa Ganesha.

Rupanya, uang kertas Rp 20.000 yang memuat gambar pahlawan Ki Hadjar Dewantara itu bikin heboh setelah pernyataan Kepala Pemerintahan Wilayah Ibu Kota Delhi Arvind Kejriwal. Kejriwal mendesak Perdana Menteri India Narendra Mobi untuk mencetak foto Dewi Lakshmi dan Dewa Ganesha pada uang kertas rupee.

Dalam pernyataannya, Kejriwal membawa-bawa nama Indonesia sebagai negara mayoritas muslim tetapi mau menempatkan foto Ganesha dalam uang kertas.

"Indonesia yang merupakan negara mayoritas muslim mencetak uang kertas dengan gambar Dewa Ganesha," dia mencuit diTwitter @ArvindKejriwal, Selasa (1/11/2022).

"Kalau Indonesia bisa, kenapa kita tidak? Seharusnya tidak ada yang keberatan," dia menambahkan.

Sebab, menurut Kejriwal, Dewa dan Dewi akan membawa kemakmuran ekonomi terhadap India. Selain itu, Dewa Ganesha memiliki kemampuan untuk menghilangkan rintangan.

Dia menegaskan tidak meminta semua uang kertas diubah, hanya untuk uang kertas baru yang mungkin akan diluncurkan ke depannya.

Pernyataannya itu mengundang cemoohan dari partai-partai politik di seluruh dunia. BJP nasionalis Hindu menyebutnya sebagai upaya AAP untuk menyembunyikan dirinya yang sebenarnya yakni anti-Hindu.

"Arvind Kejriwal melakukan drama politik untuk mengalihkan perhatian rakyat negara dari kelemahan pemerintah mereka dan pola pikir anti-Hindu partai," kata juru bicara BJP Sambit Patra.

"Upaya kita akan membuahkan hasil hanya ketika kita memiliki berkat Tuhan atas kita," katanya.

Patung Ganesha dan Ki Hadjar Dewantoro Terikat Pendidikan

Jika diperhatikan, dalam lembar uang kertas Rp 2.000 memang terdapat logo patung Ganesha yang berdampingan dengan pahlawan nasional Ki Hadjar Dewantara. Keduanya dianggap memiliki nafas yang sama, yakni pendidikan.

BI menyebut uang emisi tahun 1998 tersebut sudah ditarik berdasarkan PBI Nomor 10/PBI/2008, dengan rincian pecahan Rp 10 ribu, pecahan Rp 20 ribu, pecahan Rp 50 ribu tahun emisi 1999, termasuk Rp 100 ribu tahun emisi 1999.

"Pertimbangan penarikan pecahan-pecahan tersebut karena masa edar sudah cukup lama, yaitu 10 tahun," ujar Kepala Departemen Pengelolaan Uang BI Marlison Hakim seperti dikutip dari detikFinance.

Pertimbangan lainnya, yakni kebijakan pengkinian unsur pengaman pada bahan uang yang selalu dilakukan penguatan dari tahun ke tahun.

***

Artikel itu juga tayang di detikFinanace. Selengkapnya klik di sini.



Simak Video "Ini Penampakan Uang Kertas Baru Potret Raja Charles III"
[Gambas:Video 20detik]
(fem/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA