Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Kamis, 03 Nov 2022 22:41 WIB

TRAVEL NEWS

Bule di Bali Naik Tebing Air Terjun, Jatuh Kepeleset Kakinya Putus!

Polsek Sukasada saat melakukan olah TKP turis AS terpeleset di tebing Air Terjun Aling-Aling Desa Sambangan, Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng, Bali, Rabu (2/11/2022).
Foto: Polisi melakukan olah TKP (dok. Istimewa)
Buleleng -

Seorang turis bule dari Amerika Serikat jatuh terpeleset dan tertimpa reruntuhan tebing saat berwisata di Air Terjun Aling-Aling, Bali. Kakinya putus!

Wisatawan asing bernama Donnel Jack Sullivan (22) itu mengalami musibah di Air Terjun Aling-aling yang berada di Desa Sambangan, Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng, Bali.

Musibah itu terjadi lantaran Donnel nekat berkunjung ke objek wisata Air Terjun Aling-Aling tanpa ditemani pemandu wisata. Akibat insiden tersebut, betis (kaki) korban putus dan harus dilarikan ke Rumah Sakit Balimed Singaraja.

Kapolsek Sukasada Kompol Made Agus Dwi Wirawan mengatakan, Donnel awalnya berangkat melalui Jalur Desa Ambengan, Kecamatan Sukasada, sekitar pukul 11.30 Wita. Kemudian tiba di sebuah tebing sekitar pukul 12.15 Wita.

Donnel lantas nekat menaiki tebing tersebut, padahal sebelumnya sudah diberi peringatan oleh seorang turis asing lainnya, yang kebetulan berada di lokasi tersebut, bernama Rigaud Alixis Louis Ves (40) asal Perancis, karena berbahaya.

Donnel pun terpeleset dan terjatuh. Nahas, pada saat terjatuh, terdapat bongkahan batu tebing yang cukup besar secara tiba-tiba ikut runtuh dan menimpa betis kanan korban hingga terputus.

"Korban merintih kesakitan, kemudian dibantu saksi Rigaud Alxis Louis Ves. Kondisi saat itu sepi, korban kembali berteriak minta tolong. Mendengar ada teriakan minta tolong, pemandu wisata dari Pokdarwis Desa Sambangan datang memberikan pertolongan," kata Kapolsek Sukasada Kompol Made Agus Dwi Wirawan, Rabu (2/11/2022).

Melihat kondisi Donnel, beberapa orang dari Pokdarwis Desa Sambangan memberikan pertolongan pertama dengan mengikat kaki korban menggunakan handuk untuk mengurangi pendarahan. Kemudian korban segera dilarikan ke Rumah Sakit Balimed Singaraja untuk mendapatkan perawatan medis.

"Sementara korban saat ini masih bisa diajak komunikasi walaupun sedikit, dan bisa menjawab ketika ditanya serta mengatakan dia berasal dari Amerika" jelasnya.

Atas terjadinya insiden tersebut, Agus Dwi telah melakukan pemeriksaan terhadap beberapa saksi. Selain itu pihaknya juga akan mendorong Pokdarwis Desa Ambengan dan Desa Sambangan untuk menambah papan atau spanduk peringatan bahaya di areal lokasi wisata Air Terjun Aling-Aling.

"Kami sarankan agar pengelola wisata bisa memasang papan peringatan bahaya serta menyarankan wisatawan agar mengajak pemandu wisata ketika berkunjung, sehingga dapat meminimalisir musibah seperti ini terjadi," tukas Kompol Agus Dwi Wirawan.


-----

Artikel ini telah naik di detikBali dan bisa dibaca selengkapnya di sini.

https://www.detik.com/bali/berita/d-6383969/naik-tebing-air-terjun-aling-aling-turis-as-terpeleset-kaki-putus



Simak Video "Kecoh Petugas, Bule di Bali Ngutil Obat di Apotek"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/wsw)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
Live Breaking News
×
Pleidoi Hendra Kurniawan Cs
Pleidoi Hendra Kurniawan Cs Selengkapnya