Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Kamis, 10 Nov 2022 07:06 WIB

TRAVEL NEWS

Menara Eiffel KW dari China yang Kontroversial, Dicap Plagiat tapi Memikat

CNNIndonesia
detikTravel
Menara Eiffel di Paris, Prancis dan Tianducheng, China
Foto: Menara Eiffel di Paris dan kembarannya di China (Francois Prost/CNN)
Hangzhou -

China adalah salah satu negara yang terkenal karena kemampuannya menjiplak sesuatu. Salah satunya adalah Menara Eiffel. Meski KW, nyatanya banyak yang suka.

Tercatat ada ratusan monumen dan bangunan replika ikon dunia yang berdiri di China. Tren ini disebut duplicature atau duplicate architecture [arsitektur duplikat dalam bahasa Indonesia].

Seperti dilansir Culture Trip, tren China melakukan duplicature terjadi sejak awal 2000-an. Salah satu hasil duplicature yang cukup menyita perhatian adalah 'Kembaran' Menara Eiffel di Kota Hangzhou.

Replika Menara Eiffel itu dibangun pada 2007. Lokasinya berada di kawasan Tianducheng, sebuah kompleks real estate yang berada di Kota Hangzhou, China.

Menara Eiffel yang asli sendiri terletak di Kota Paris, Prancis. Paris merupakan salah satu kota paling romantis di dunia, karena keindahan kotanya. Untuk alasan itu pula Paris kerap dibanjiri wisatawan.

Barangkali pemerintah China berharap hal serupa ketika membangun 'Kembaran' Menara Eiffel tersebut. Kendati mendapat cibiran atas soal sejumlah replika bangunan ikon dunia tersebut, masyarakat China seakan tak peduli dan tetap menjadikan 'Kembaran' Menara Eiffel itu sebagai destinasi wisata.

Menara Eiffel Hangzhou memiliki tinggi 108 meter atau hanya sepertiga dari ukuran Menara Eiffel asli di Paris. Bukan hanya menaranya yang direplika, alun-alun Champs d'Elysees ikon Kota Paris juga dibangun di Kawasan Tianducheng.

Untuk urusan mereplika bangunan ikonik dunia, China sepertinya memang tak mau tanggung-tanggung. Di lokasi yang sama juga dibangun replika air mancur Jardin du Luxembourg.

Selain Menara Eiffel, China juga sempat membangun replika Patung Sphinx Mesir di Hebei, sebelum akhirnya dirubuhkan karena diprotes pemerintah Mesir.

Di Kota Shanghai, China, kamu juga bisa menemukan replika Menara Pisa, yang bangunan aslinya berada di Italia. Kemudian ada juga replika Tower Bridge London yang dibangun China di Provinsi Jiangsu.



Simak Video "Sorotan Ahli Demografi soal Menyusutnya Populasi di China"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/wsw)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA