Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Kamis, 10 Nov 2022 12:32 WIB

TRAVEL NEWS

Lukisan Ramayana-Ukiran Bali Hiasi Terminal VVIP Bandara Ngurah Rai

CNBC Indonesia
detikTravel
Terminal VVIP Bandara I Gusti Ngurah Rai
Foto: dok. Kemenhub
Jakarta -

Terminal VVIP Bandara I Gusti Ngurah Rai dirancang megah dan mewah untuk delegasi G20. Terminal itu juga tampak cantik dengan karya seni Bali.

Arsitek I Wayan Kastawan yang bertugas mendesain fasilitas tersebut mengungkapkan bangunan ini memiliki filosofi dan makna yang mendalam.

Interior bangunan tersebut memiliki lukisan Kamasan dan ukiran Astalla Padma Bhuana pada bagian plafon utama. Pada tengah ruangan juga terdapat cerminan dari plafon utama yang melambangkan kehidupan.

Terminal VVIP Bandara I Gusti Ngurah RaiTerminal VVIP Bandara I Gusti Ngurah Rai. Foto: dok. Kemenhub

Ukiran pintu utama mengambil khas ukiran flora yang berasal dari Bali Utara, serta memadukan keahlian pembuatan relief dan patung. Kemudian terdapat Singa Ambara Raja pada pintu masuk utara (Gumendung).

Lukisan Kamasan pun menjadi keunikan tersendiri dalam interior terminal VVIP tersebut, dan bercerita tentang Ramayana. Epos Ramayana memiliki makna yang mendalam dan menginspirasi banyak orang karena sarat nilai moral.

Kamasan pun disebut sebagai induknya seni lukis wayang kulit Bali, dan desa ini disebut turun mewarnai geliat perjalanan seni lukis di pulau dewata ini. Desa Kamasan pun dikenal sebagai gudangnya karya seni lukis klasik para seniman.

Terminal VVIP Bandara I Gusti Ngurah RaiTerminal VVIP Bandara I Gusti Ngurah Rai. Foto: dok. Kemenhub

Kastawan menyebutkan plafon utama dengan ukiran Astalla Padma Bhuana memiliki 8 helai daun teratai yang masing-masing kelopaknya melambangkan dewa dalam keagamaan Hindu di Bali.

"Ada 8 helai daun teratai yang disebut Asta Dala, masing-masing memiliki arti. Utara melambangkan dewa Wisnu, Timur melambangkan Iswara, Barat melambangkan Mahadewa, Timur laut melambangkan Sambhu, Tenggara melambangkan Mahesora, Selatan melambangkan Brahma, dan Barat daya melambangkan Rudra," jelasnya kepada CNBC Indonesia, dikutip Kamis (10/11/2022).

Terminal VVIP Bandara I Gusti Ngurah RaiTerminal VVIP Bandara I Gusti Ngurah Rai. Foto: dok. Kemenhub

"Di lantainya juga terdapat cerminan dari teratai Asta Dala. Jadi melambangkan pertemuan alam atas dan alam bawah, yang menciptakan kehidupan," tambahnya.

Filosofi dari terminal VVIP ini pun akan diperkenalkan kepada delegasi dan kepala negara yang hadir saat puncak KTT G20. Dia menyebutkan akan ada Guide book yang menceritakan arti dari setiap desain, lukisan, hingga ukiran yang dibuat.



Simak Video "Amarah Plt Dirjen Imigrasi ke Bank di Gerai VoA Saat Sidak Bandara Bali"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/pin)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA