Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Minggu, 13 Nov 2022 11:23 WIB

TRAVEL NEWS

Penguin Kaisar Antartika Terancam Punah!

Penguin kaisar
Penguin kaisar (Foto: CNN)
Jakarta -

Penguin kaisar khas kawasan Antartika terancam punah. Penyebab utamanya adalah perubahan iklim.

Melansir CNN, Minggu (13/11/2022), pemanasan global yang mencairkan es laut yang menjadi tempat bergantung penguin untuk bertahan hidup. US Fish and Wildlife Service mengkategorikannya sebagai hewan terancam punah.

Diketahui bahwa penguin kaisar mengandalkan es laut untuk membentuk koloni berkembang biak, menghindari pemangsa di lautan, dan mencari makan. Tetapi karena suhu bumi meningkat karena emisi gas rumah kaca dan karbon dioksida, es laut pun berisiko menghilang.

Ketika es laut mencair atau pecah lebih awal dari musim yang diperkirakan karena pemanasan global, seluruh koloni penguin dapat menurun atau menghilang.

"Daftar ini mencerminkan krisis kepunahan yang semakin meningkat. Dan upaya untuk melestarikan spesies sebelum penurunan populasi jadi hal yang tidak dapat diubah," kata Martha Williams, direktur US Fish and Wildlife Service, dalam sebuah pernyataan.

Penguin kaisarPenguin kaisar (Foto: CNN)

Bagian es laut Semenanjung Antartika telah mencair lebih dari 60% dalam 30 tahun, menurut Woods Hole Oceanographic Institution di Massachusetts. Jika penguin kaisar menderita dan menurun, kemungkinan spesies lain dalam ekosistem juga terancam karena krisis iklim.

Penguin kaisar mencari makan seperti krill, ikan, dan cumi-cumi di laut, tetapi mereka juga menjadi mangsa anjing laut macan tutul dan paus pembunuh.

"Perubahan iklim berdampak besar pada spesies di seluruh dunia dan mengatasinya adalah prioritas pemerintahan Biden. Penguin kaisar berfungsi sebagai bel alarm tetapi juga seruan untuk bertindak," kata Williams.

Ada sekitar 61 koloni penangkaran penguin kaisar di sepanjang garis pantai Antartika, yang secara total terdiri dari antara 270.000 hingga 280.000 pasangan penangkaran (atau 625.000 dan 650.000 individu penguin, termasuk remaja), menurut US Fish and Wildlife Service.

Populasi burung saat ini stabil, tetapi penelitian telah menunjukkan bahwa populasi penguin kaisar akan berkurang 26% hingga 47% pada tahun 2050, atau turun menjadi 185.000 atau 132.500 pasangan, menurut layanan tersebut.

Penguin kaisarPenguin kaisar (Foto: CNN)

Penguin kaisar adalah yang tertinggi dan terberat dari 18 spesies penguin. Beratnya bisa mencapai 40 kilogram dan tingginya 1,1 meter. Seekor kaisar betina bertelur satu kali setiap musim kawin, kemudian memberikannya kepada pasangan jantan untuk dierami sementara dia mencari makan selama sekitar dua bulan.

Begitu burung betina kembali, dia berbagi tugas mengasuh dengan pasangannya sampai anak mereka meninggalkan koloni sekitar 150 hari setelah lahir. Anak penguin tersebut kemudian dapat menjaga dirinya sendiri dan berangkat ke perairan terbuka untuk mencari makan.

Tapi pertama-tama, anak penguin harus melepaskan bulunya sebelum menumbuhkan bulu tahan air yang digunakannya untuk berenang. Jika masih tertutup saat es pecah, ia akan tenggelam.

"Memasukkan penguin kaisar sebagai spesies yang terancam punah merupakan langkah penting untuk meningkatkan kesadaran tentang dampak perubahan iklim," kata Stephanie Jenouvrier, ilmuwan asosiasi dan ahli ekologi burung laut di Woods Hole Oceanographic Institution.



Simak Video "Kehidupan Penguin Kaisar Diprediksi Hilang 4 Dekade Lagi"
[Gambas:Video 20detik]
(msl/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
Adu Perspektif
×
Janji Politik Lama, Bersemi Kembali
Janji Politik Lama, Bersemi Kembali Selengkapnya