Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Senin, 14 Nov 2022 17:45 WIB

TRAVEL NEWS

Menara Jembatan Ampera Akan Dipasang Lift, Jajaran Pemerintah Setuju

Prima Syahbana
detikTravel
Jembatan Ampera, Palembang.
Jembatan Ampera ( Raja Adil Siregar)
Palembang -

Wacana merombak 'pucuk' Jembatan Ampera, Palembang, Sumatera Selatan (Sumsel) dalam waktu dekat akan segera terealisasi. Anggaran Rp 3 miliar sudah disiapkan untuk penguatan dan pemasangan lift menuju 'pucuk' Jembatan kembanggan wong kito tersebut.

"Anggaran untuk pemasangan lift dan perkuatannya sekitar Rp 3 miliar," kata Kepala Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional (BBPJN) Sumsel, Budiamin dikonfirmasi detikcom, Senin (14/11/2022).

Menurut Budiamin, hal itu dilakukan seperti wacana yang pernah ia sampai sebelumnya bahwa menara jembatan kebanggaan wong kito itu akan dijadikan destinasi wisata baru di Palembang. Selain itu, juga untuk mempermudah pemeliharaannya

Dimana wacana tersebut pernah disampaikan Direktur Bina Marga Hedy Rahadian saat meninjau langsung Jembatan Ampera, Maret 2022 lalu. Kala itu, kata Budiamin, Hadi meminta Menara Jembatan tersebut untuk dirombak dan direvitalisasi

"Tujuannya sebagai akses untuk melakukan pemeliharaan jembatan di bagian ketinggian (tower), sekalian bisa dimanfaatkan untuk tempat melihat kota Palembang dari atas tower (menara pandang)," ungkap Budiamin.

Dia mengatakan, keputusan ini diambil tidak serta merta begitu saja. Melainkan adanya proses pengkajian terlebih dahulu dan rekomendasi dari Komisi Keamanan Jembatan dan Terowongan Jalan (KKJTJ).

"Tahap pengkajian sudah dilaksanakan dengan melibatkan KKJTJ (Komisi Keamanan Jembatan dan Terowongan Jalan) dan rekomendasinya dilakukan beberapa perkuatan sebelum lift dipasang. Perkuatan di Jembatan Ampera sedang dilaksanakan, lift akan terpasang setelah perkuatan sudah selesai dilaksanakan,"

Jika tidak molor, pemasangan lif akan dilaksanakan pada Desember 2022 mendatang. Dia mengaku, pihaknya juga telah berkoordinasi mendapat restu dari Pemprov Sumsel dan Pemkot Palembang terkait wacana tersebut.

"Pemprov dan Pemkot medukung kegiatan ini," jelas Budiamin.



Simak Video "Tahanan Titipan di Polrestabes Palembang Melahirkan di Ambulans"
[Gambas:Video 20detik]
(sym/sym)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
Adu Perspektif
×
Geger Capres Rambut Putih Keriput
Geger Capres Rambut Putih Keriput Selengkapnya