Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Rabu, 16 Nov 2022 06:15 WIB

TRAVEL NEWS

Adu Gengsi China vs AS di KTT G20: Dari Mobil-Pesawat Kepresidenan

Tim detikBali
detikTravel
Pesawat-pesawat kepresidenan kepala negara/pemerintahan G20 sudah berkumpul di Bandara Ngurah Rai Bali. Pesawat RI termasuk yang mungil.
Foto: Pesawat KTT G20 di bandara Ngurah Rai (Tri Susilo/CNBC Indonesia)
Denpasar -

Ajang KTT G20 jadi arena adu gengsi China versus Amerika Serikat, dua negara adidaya dunia. Mereka saling bersaing dari mulai mobil hingga pesawat kepresidenan.

Aroma persaingan dua negara sudah nampak ketika masing-masing pesawat tiba di Bandara Ngurah Rai, Tuban, Badung, Bali.

Akun Tiktok mc_queen763 mengunggah video detik-detik kedatangan pesawat kepresidenan China yang membawa Presiden Xi Jinping pada Senin (14/11/2022). Kedatangan rombongan China kemudian dibandingkan dengan kedatangan Joe Biden yang sama-sama membawa pesawat lebih dari satu.

Dinarasikan, pesawat pertama China yang berisi delegasi dan personel pengamanan China mendarat lebih dulu.

"Tampak pesawat pertama presiden Xi Jinping sudah parkir, berisi kru dan personel pengamanan," demikian narasi pada video yang beredar.

Tak berselang lama, pada pukul 15.05 pesawat kepresidenan China yang ditumpangi Xi Jinping tiba. Begitu tiba, Presiden Xi Jinping disambut oleh Menko Marvest Luhut Binsar Pandjaitan dan Gubernur Bali Wayan Koster.

Sama halnya seperti penyambutan untuk Presiden AS Joe Biden dan kepala negara lainnya, Xi Jinping juga disuguhi tarian Pendet.

Video tersebut menarasikan aroma persaingan AS dan China yang sangat kuat sebelum KTT dimulai. Selain membawa pesawat lebih dari satu, masing-masing pemimpin dua negara superpower itu juga membawa mobil kepresidenan sendiri.

"Keduanya membawa mobil kepresidenan yang sangat mewah dan canggih," tulis mc_queen763.

AS dan China memang seolah bersaing di KTT G20. Sebelumnya diberitakan, AS merupakan negara dengan logistik terbanyak. Bahkan, 3 pesawat pengangkut logistik AS bolak-balik ke Bali.

Negeri Paman Sam juga membawa mobil kepresidenan sendiri untuk Joe Biden. Yang populer disebut The Beast. Biden lebih dulu tiba di Bali ketimbang Jinping. Yakni pada Minggu malam (13/11/2022). Sedangkan Xi Jinping membawa Limosin Hongqi N701 yang hanya dibuat 5 unit dalam setahun.


-----

Artikel ini telah naik di detikBali dan bisa dibaca selengkapnya di sini.



Simak Video "Jabat Tangan Biden dan Xi Jinping di KTT G20 Bali"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/wsw)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA