Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Jumat, 18 Nov 2022 08:42 WIB

TRAVEL NEWS

Lihatlah Perkembangan Jalur Kereta di Jepang dalam Waktu 21 Detik

Syanti Mustika
detikTravel
The new
Foto: JIJI PRESS/AFP via Getty Images/STR
Jakarta -

Hampir seluruh wilayah Jepang terhubung oleh jalur kereta api. Di Twitter viral time lapse perkembangan pembangunan jalur kereta dalam beberapa 150 tahun terakhir.

Diberitakan SoraNews, Jumat (18/11/2022) akun Twitter @ShinagawaJP membagikan bagaimana pembangunan rel kereta di Jepang dari tahun 1872 hingga sekarang dalam bentuk time lapse. Dalam video durasi 20 detik, video ini telah ditonton hampir 600 ribu kali di Twitter.

Adapun video yang dia bagikan bukanlah dalam bentuk rel asli atau menggunakan kereta. Tapi dia membuatnya dalam bentuk garis-garis lintas kereta yang ditampilkan di atas peta Jepang.

"Saya membuat video transisi "stasiun". Sudah 150 tahun sejak kereta api dibuka, dan menarik untuk melihat bagaimana peran dan penampilan kereta api telah berubah dari waktu ke waktu. Saya ingin melihat kelanjutan peta ini di mesin waktu," cuitnya.

Pada tahun 1872 jalur kereta api pertama dibuka di Jepang, ketika Stasiun Shimbashi Tokyo terhubung dengan stasiun yang sekarang menjadi Stasiun Sakuragicho di Yokohama. Kemudian perlahan jalur kereta Jepang semakin banyak.

Pada tahun 1925, hampir seluruh Jepang terdiri dari stasiun-stasiun dan konsentrasi stasiun tampaknya mencapai puncaknya pada tahun 1960-an.

Salah satu yang menarik perhatian adalah perkembangan jalur kereta di Hokaido yang naik turun. Di awal pembangunan banyak jalur yang beroperasi namun semakin ke sini jalur kereta semakin redup di peta. Dalam cuitannya tersebut disebutkan bahwa penyebabnya karena hilangnya tambang batu bara hingga penurunan populasi.



Adapun yang bercahaya paling terang yaitu di sekitar sekitar Tokyo, Nagoya, dan Osaka. Pembangunan kereta cepat pun juga mempengaruhi pergerakan jalur kereta Jepang.

Bisakah traveler membayangkan jika tidak ada kereta di Jepang? Sulit membayangkan Jepang tanpa kereta. Baik itu Shinkansen yang meluncur melewati Gunung Fuji atau kereta komuter Jalur Yamanote yang dipenuhi pekerja kantoran.

Jalur kereta api juga terhubung ke beberapa tempat paling ikonik di negara ini. Tentu saja wisatawan mendapatkan kemudahan berkeliling Jepang dengan banyaknya pilihan rute kereta.



Simak Video "Jepang Minta Warganya Pindah dari Tokyo, Iiming-imingi Rp 119 Juta"
[Gambas:Video 20detik]
(sym/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
Live Breaking News
×
Pleidoi Hendra Kurniawan Cs
Pleidoi Hendra Kurniawan Cs Selengkapnya