Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Jumat, 18 Nov 2022 12:11 WIB

TRAVEL NEWS

Desa Hantu Ini Dijual Rp 4 Miliaran, Berminat?

Femi Diah
detikTravel
Salto de Castro desa hantu di Spanyol dijual murah.
Salto de Castro desa hantu di Spanyol dijual murah. (Foto: dok. BBC)
Jakarta -

Sebuah desa di Spanyol dijual murah. Komplet lho, dari rumah, gereja, sekolah, kolam renang, sampai barak bisa dimiliki.

Desa itu Salto de Castro berada di barat laut Spanyol, perbatasan Portugis di provinsi Zamora dan berjarak tiga jam berkendara dari Madrid.

Desa itu dijual dengan harga hanya 227.000 pound sterling atau setara dengan Rp 4,2 miliar. Di desa itu terdapat 44 rumah, hotel, gereja, sekolah, kolam renang, dan bangunan barak yang dulunya menampung penjaga sipil.

Namun, salah satu kekurangannya adalah penghuninya. Desa itu tidak memiliki penduduk. Desa itu kosong setelah ditinggalkan selama lebih dari 30 tahun. Makanya, dijuluki desa hantu.

Rencana untuk menghidupkan desa hantu itu diajukan sejak awal tahun 2000-an tetapi tidak pernah berhasil.

"Pemiliknya bermimpi memiliki hotel di sini, tetapi semuanya ditunda," kata Ronnie Rodríguez, dari Royal Invest, perusahaan yang mewakili pemilik, seperti dikutip dari Mirror.

"Dia masih menginginkan proyek itu menjadi kenyataan," dia menambahkan.

Di situs penjualan properti, pemilik menuliskan: "Saya menjual karena saya orang kota dan saya tidak dapat mengurus warisan".

Bekas Perumahan Pekerja

Salto de Castro dibangun oleh perusahaan pembangkit listrik Iberduero untuk pekerja rumahan yang membangun waduk di dekatnya pada tahun 1950-an, tetapi menjadi terbengkalai setelah proyek selesai.

Kompleks itu malah menjadi sasaran vandalisme. Dengan kondisinya itu, kompleks pun sulit dijual. Diperkirakan untuk merenovasi desa itu dibutuhkan sekitar 2 juta euro atau sekitar Rp 32 miliar untuk memperbaikinya.



Simak Video "Melihat Desa Hantu yang Muncul di Bendungan Spanyol"
[Gambas:Video 20detik]
(fem/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA