Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Kamis, 24 Nov 2022 22:40 WIB

TRAVEL NEWS

Sandiaga: Sektor Pariwisata di Cianjur Tak Terlalu Terdampak Gempa

Yuga Hassani
detikTravel
Sandiaga Uno
Foto: Sandiaga Uno (Yuga Hassani/detikcom)
Kabupaten Bandung -

Menparekraf Sandiaga Uno mengatakan sektor pariwisata di wilayah Cianjur tidak terlalu terdampak kehancuran pasca adanya gempa yang melanda beberapa waktu lalu.

"Alhamdulillah destinasi wisata tidak terlalu terdampak, karena kesiapsiagaan," ujar Sandiaga di Poltekpar NHI, Jalan Radio Palasari, Desa Citeureup, Kecamatan Dayeuhkolot, Kabupaten Bandung, Kamis (24/11/2022).

Meski begitu, Sandiaga menyebutkan saat ini semua pihak harus gotong royong dalam membantu pemulihan di wilayah Cianjur. Sehingga masyarakat Cianjur bisa segera hidup normal kembali.

"Namun kita juga harus terus membantu kesiapan infrastruktur pasca gempa ini yang harus segera dibangun. Kemudian kehidupan masyarakat harus segera dipulihkan," katanya.

Dia menyebutkan saat ini Kemenparekraf telah bergerak dalam menanggulangi gempa tersebut. Salah satunya adalah dengan mendirikan berbagai posko kebencanaan bagi korban.

"Tentunya kami segera bergerak, sudah 14 posko yang kami dirikan untuk membantu warga," ucapnya.

Pihaknya mengaku sudah bertransisi untuk menyiapkan pemulihan pasca gempa di Cianjur. Terutama di destinasi wisata dan sentra ekonomi kreatif.

"Selama ini kami kembangkan pariwisata yang berbasis masyarakat, yang dimanivestasikan dengan konsep desa wisata ini ternyata sangat memiliki keunggulan untuk menghadapi ancaman bencana," jelasnya.

Sandiaga Uno menyebutkan salah satu desa wisata situs Gunung Padang yang tidak terlalu terdampak adanya gempa tersebut. Menurutnya hanya sebanyak lima persen yang terdampaknya.

"Alhamdulillah, wasyukurillah. Salah satunya karena kita memiliki protokol CHSE, Cleanliness, Health, Safety, Environment Sustainability. Saya garisbawahi yang terus kami lakukan pelatihan dan pendampingannya serta memastikan sertifikasi diberikan kepada destinasi-destinasi. Termasuk sentra ekonomi kreatif,"bebernya.

Dia menambahkan ke depannya pelatihan dan pendampingan kesiapsiagaan bencana akan ditingkatkan. Apalagi menurutnya Cianjur punya peluang dan potensi wisata yang luar biasa.

"Mulai daerah Cipanas, sampai daerah Cugenang. Kemarin kita juga baru ke kota Cianjur, ada sentra ekonomi kreatif yang kita beri pelatihan di hotel Ginoferuci," pungkas Sandiaga Uno.



Simak Video "Ekraf Indonesia Diproyeksikan Bisa Salip Korsel 5 Tahun Mendatang"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/wsw)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA