Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Jumat, 25 Nov 2022 16:49 WIB

TRAVEL NEWS

Bandara Inggris akan Hapus Aturan Cairan pada 2024

Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) melakukan perubahan jalur pemeriksaan berkas izin perjalanan. Sebagaimana diketahui kemarin penumpang berdesak-desakan.
Ilustrasi pemeriksaan di bandara (Foto: Ari Saputra/detikcom)
London -

Inggris akan menghapus aturan kecil tapi penting terkait penerbangan. Nanti, tiada lagi pembatasan keamanan pada cairan dan laptop untuk bagasi kabin.

Melansir BBC, Jumat (25/11/2022), ringkasnya aturan ini di bandara Inggris ini berkat pemindai 3D berteknologi tinggi. Pelaksanaannya dalam jangka waktu dua tahun ke depan atau 2024.

Pemerintah sedang mempertimbangkan untuk meluncurkan pemindai yang lebih canggih pada pertengahan 2024. Namun keputusan akhir belum dibuat.

Peralatannya, mirip dengan CT scanner yang digunakan di rumah sakit. Petugas akan diberi gambaran yang lebih jelas tentang isi sebuah tas.

Batas waktu pemasangan alat itu sebelumnya meleset karena pandemi. Para menteri telah melakukan peninjauan dan pengumuman akan melakukannya sebelum Natal, dengan harapan dapat mengurangi antrean di bandara Inggris.

Penumpang yang membawa cairan di bagasi kabin mereka saat ini dibatasi untuk membawa wadah tidak lebih dari 100 ml. Barang itu harus ditunjukkan kepada staf keamanan dalam satu kantong plastik transparan yang dapat ditutup kembali.

Wadahnya pun harus bisa menampung tidak lebih dari satu liter dan berukuran sekitar 20 cm kali 20 cm. Batasan tersebut telah diberlakukan sejak November 2006.

Aturan itu berkaitan dengan aksi polisi Inggris yang telah menggagalkan rencana untuk meledakkan sebanyak 10 pesawat menggunakan bahan yang disembunyikan di dalam botol minuman.

Namun teknologi baru memungkinkan staf memperbesar isi tas dan memutar gambar untuk pemeriksaan. Pemindai 3D telah diuji coba di Bandara Heathrow London mulai tahun 2017.



Simak Video "Liz Truss, PM Terakhir yang Ditunjuk Ratu Elizabeth II"
[Gambas:Video 20detik]
(msl/msl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
Adu Perspektif
×
Geger Capres Rambut Putih Keriput
Geger Capres Rambut Putih Keriput Selengkapnya