Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Senin, 28 Nov 2022 21:12 WIB

TRAVEL NEWS

7 Perubahan TMII Pasca Revitalisasi

Putu Intan
detikTravel
Wajah Baru TMII yang Lebih Hijau
Teater Keong Mas TMII Foto: Dok. TWC/TMII
Jakarta -

Revitalisasi Taman Mini Indonesia Indah (TMII) tahap pertama telah rampung dilakukan. Traveler bisa melihat dan merasakan sejumlah perubahan.

Revitalisasi TMII dilakukan sejak Januari 2022. TMII juga sempat ditutup untuk masyarakat umum sejak 17 Mei 2022.

Selama proses revitalisasi ini, ada beberapa wahana dan fasilitas yang dibenahi. Mulai dari penanganan jalan kawasan TMII, penataan gerbang utama, renovasi joglo (Sasono Utomo, Sasono Langen Budoyo, Sasono Adiguno) dan renovasi museum.

Lalu ada juga penataan lanskap pulau-pulau di Danau Archipelago, renovasi Museum Teater Garuda, Museum Telkom, Keong Mas, dan gedung parkir.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPUR) Basuki Hadimuljono mengatakan, pihaknya mengalokasikan Rp 1,13 triliun untuk renovasi TMII. Setelah menunggu beberapa bulan, akhirnya pengunjung dapat datang ke TMII lagi mulai 20 November 2022.

Namun pembukaan ini belum seutuhnya, melainkan masih uji coba terbatas. TMII memberlakukan kuota pengunjung 5.000 orang per hari.

Bila penasaran dengan kebaruan di TMII, detikcom telah merangkumnya menjadi 7 poin:

1. Beli tiket online

Calon pengunjung banyak yang kebingungan terkait penjualan tiket online dan mengakibatkan kepadatan di Pintu 3 TMII, Jakarta Timur, Minggu (20/11/2022).Calon pengunjung banyak yang kebingungan terkait penjualan tiket online dan mengakibatkan kepadatan di Pintu 3 TMII, Jakarta Timur, Minggu (20/11/2022). Foto: Ari Saputra

Semua pengunjung TMII wajib membeli tiket online untuk liburan di TMII. Tiket dapat dibeli melalui situs www.tamanmini.com atau aplikasi Travelink.

Adapun untuk harga tiket masuknya, setiap individu dikenakan biaya Rp 25 ribu. Sementara untuk kendaraan mobil dan sepeda dikenakan tarif Rp 25 ribu. Lalu untuk motor tarifnya Rp 15 ribu dan bus Rp 50 ribu.

2. Transportasi ramah lingkungan

Pesepeda dan pejalan kaki menikmati jalur pedestrian di kawasan Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur, Minggu (20/11/2022).Pesepeda dan pejalan kaki menikmati jalur pedestrian di kawasan Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur, Minggu (20/11/2022). Foto: Ari Saputra

Pengunjung TMII dapat berkeliling kawasan menggunakan transportasi ramah lingkungan. TMII menyediakan mobil dan bus listrik. Selain itu ada kereta aeromovel yang bakal membuat pengunjung merasakan sensasi naik monorail.

Jika ingin membawa kendaraan ramah lingkungan sendiri juga boleh lho. Pengunjung dapat bersepeda, naik skuter, motor listrik atau mobil listrik.

3. Gedung parkir moderen

Penampakan gedung parkir terpusat di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur, Minggu (20/11/2022).Penampakan gedung parkir terpusat di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur, Minggu (20/11/2022). Foto: Ari Saputra

Terkait transportasi ramah lingkungan tadi, pengunjung harus memarkir semua kendaraan bermotornya di gedung parkir terpusat. Gedung parkir ini memiliki 4 lantai dan basement sehingga dapat menampung ratusan kendaraan.

Sebagai informasi, gedung parkir terpusat ini dulunya adalah wahana Snowbay Waterpark. Kini kolam renang itu sudah ditutup dan dijadikan lahan parkir.

4. Plaza Tugu Api Pancasila

Wajah Baru TMII yang Lebih HijauPlaza Tugu Api Pancasila. Foto: Dok. TWC/TMII

TMII yang baru memiliki konsep ramah lingkungan sehingga 70 persen kawasan dibiarkan hijau. Untuk mewujudkan visi ini, dilakukan revitalisasi area Plaza Tugu Api Pancasila menjadi padang rumput yang asri.

5. Teater Keong Mas

Wajah Baru TMII yang Lebih HijauTeater Keong Mas. Foto: Dok. TWC/TMII

Pelataran teater yang penuh nostalgia disulap menjadi plaza yang mengutamakan pejalan kaki serta pendopo besar untuk beristirahat.

6. Danau Archipelago

Uji coba wajah baru Taman Mini Indonesia IndahDanau Archipelago. Foto: ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha

Kawasan Danau Archipelago yang memamerkan pulau-pulau di Indonesia kini makin keren dengan sentuhan lampu-lampu yang bakal menyala di malam hari. Selain itu di sekeliling danau terdapat promenade yang cocok untuk berolahraga dan bersantai.

7. Menara Pandang Saudjana

Terletak di sisi barat Danau Archipelago, menara setinggi 6 lantai ini bisa dimanfaatkan untuk menikmati keindahan TMII secara 360 derajat.

Itulah sejumlah kebaruan di TMII. Jangan lupa untuk menjaga kebersihan agar keindahan wajah baru TMII ini tetap terjaga.



Simak Video "TMII Diserbu Pengunjung saat Libur Akhir Tahun"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA