Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Selasa, 29 Nov 2022 20:45 WIB

TRAVEL NEWS

Pasca Bule AS Tewas, Jalur Pendakian Gunung Agung Ditutup Sementara

Gunung Agung via Jalur Pura Besakih
Gunung Agung (I Gede Leo Agustina/d'Traveler)
Jakarta -

Jalur pendakian ke Gunung Agung di Kabupaten Karangasem, Bali melalui jalur Pura Pengubengan ditutup sementara sampai batas waktu yang belum ditentukan. Hal tersebut dilakukan lantaran Desa Adat Besakih akan melakukan upacara penyucian "pamarisudha giri parwata" usai bule Amerika Serikat atas nama Kevin Henderson (51) tewas di Gunung Agung pada Jumat (18/11/2022).

Penutupan tersebut dilakukan mengingat upacara penyucian sangat penting sehingga jalur pendakian tetap steril dari aktivitas di luar upacara. Jro Mangku Pura Agung Besakih Gusti Mangku Jana mengatakan upacara penyucian akan dilaksanakan pada Rabu (30/11/2022).

"Upacara pamarisudha giri parwata merupakan upaya untuk menyucikan kembali Gunung Agung serta hutan dari leteh atau cemar karena beberapa waktu yang lalu ada turis yang meninggal dunia saat melakukan pendakian melalui jalur Pura Pengubengan," kata Mangku Jana, Selasa (29/11/2022).

Upacara tersebut juga akan dihadiri oleh Bendesa, tokoh masyarakat, para Pemandu Gunung Agung melalui jalur Pura Pengubengan serta masyarakat. Diharapkan upacara tersebut dapat berjalan dengan lancar tanpa adanya hambatan apapun.

Sementara itu, Ketua Forum Komunitas Pemandu Wisata Gunung Agung I Ketut Mudiada membenarkan bahwa jalur pendakian ke Gunung Agung melalui jalur Pura Pengubengan ditutup sementara berkaitan dengan akan dilaksanakan upacara "pamarisudha giri parwata".

"Untuk sementara jalur pendakian ke Gunung Agung melalui jalur Pura Pengubengan ditutup sampai batas waktu yang tidak ditentukan. Nanti akan diinformasikan lebih lanjut jika sudah dibuka kembali," kata Mudiada.

Terkait dengan penutupan tersebut, Mudiada berharap pemakluman kepada para wisatawan yang akan melakukan pendakian melalui jalur Pura Pengubengan. Jika ingin melakukan pendakian ke Gunung Agung bisa melalui jalur yang lain seperti Puregai, Pasar Agung dan yang lainnya.

---

Artikel ini telah tayang di detikBali.



Simak Video "Kemenparekraf Sambut Ratusan Turis Tiongkok di Bali"
[Gambas:Video 20detik]
(sym/sym)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA