Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Rabu, 30 Nov 2022 07:02 WIB

TRAVEL NEWS

Turis Bule Berulah Lagi di Canggu: Maling Motor Custom Deus

Agus Eka
detikTravel
Tangkapan layar bule curi motor custom di Deus Canggu, Badung, Bali, Senin (28/11/2022).
Foto: Rekaman CCTV Bule maling motor custom di Canggu (dok. Istimewa)
Badung -

Turis Bule kembali berulah di Canggu. Kali ini dia mencuri sebuah sepeda motor custom di toko Deus Ex Machina. Pelaku bahkan sempat memesan makanan juga. Duh!

Peristiwa ini terjadi di kawasan Canggu, Kuta Utara, Badung, Bali. Ulah turis bule itu tertangkap kamera pemantau (CCTV), bikin gempar media sosial.

Sebelum melancarkan aksinya, bule itu sempat pesan makan dan masuk toilet staf. Pencurian terjadi Senin (28/11/2022) sore di Deus Canggu, dan heboh di medsos pada Selasa (29/11/2022).

Dari video terlihat bule itu sangat santai melarikan motor custom yang terparkir di depan kantor marketing bengkel tersebut. Tampak seorang staf sempat berpapasan dengan pelaku sebelum motor itu raib lewat pintu belakang.

Dari rekaman kamera pemantau itu juga, pihak manajemen memperkirakan terduga pelaku memiliki ciri-ciri rambut cokelat pekat dan tato di tangan kiri. Pengelola Deus Canggu sudah melaporkan peristiwa itu ke Polsek Kuta Utara. Saat ini polisi tengah mengejar terduga pelaku.

Banyak pihak menyayangkan aksi itu karena kawasan Canggu dan sekitarnya dinilai aman bagi wisatawan. Namun peristiwa itu dinilai membuat wisatawan dan masyarakat setempat khawatir. Seperti yang diungkapkan beberapa pengguna media sosial.

"Tahun 90an Bali dulu aman banget. Motor ada kuncinya taruh di halaman nggak bakalan hilang lho," tulis pemilik akun @jombangkebaya di Instagram. Polres Badung melalui Instagram juga berkomentar akan memburu terduga pelaku. "Terima kasih ibu atas laporannya, akan kami tindak lanjuti," tulis akun Polres Badung.

Manajemen Deus Ex Machina Indonesia di Canggu mengungkapkan, bule yang diduga membawa kabur motor custom Yamaha itu sempat memesan beberapa makanan, namun tidak membayar. Hal itu dilakukan sebelum terduga pelaku melancarkan aksinya, Senin (28/11/2022).

Manajer Marketing Deus Canggu Jehan Khaleda mengaku pihaknya sudah melaporkan peristiwa dugaan pencurian motor dengan nilai puluhan juta itu ke polisi. Ia mendapat kabar polisi sudah memburu orang tersebut.

Meski sudah melapor ke polisi, pihaknya di internal manajemen juga sempat melakukan penyelidikan kecil dari rekaman CCTV. Dari pemantauan kamera depan, terlihat bule penuh tato di tangan kiri itu masuk ke cafe diantar tiga pria mengendarai motor. "Pelaku itu dibonceng," katanya saat ditemui, Selasa (29/11/2022).

Terduga pelaku kemudian masuk ke cafe, namun hanya ditemani satu orang dan sempat memesan menu. Sedangkan dua orang yang mengantar terekam CCTV tidak ikut masuk ke cafe.

Tak lama berselang, bule diduga pelaku ini berjalan ke belakang cafe. Di sana terdapat beberapa motor custom sedang dipajang, termasuk motor yang hilang itu. Situasi di lokasi juga ramai lantaran ada acara sehingga para staf sibuk melayani tamu.

Di antara beberapa tamu dan staf yang wara-wiri, bule tersebut mendekat ke objek sasaran. Dengan santai ia sempat menghisap rokok dan berpapasan dengan satu staf. Bule itu sudah dalam posisi menaiki motor yang terparkir di depan kantor marketing, lalu kabur lewat pintu belakang.

"Sebelumnya dia sempat masuk toilet. Padahal toilet itu hanya khusus staf. Jadi kami menduga orang ini sudah mengetahui area sekitar dan kami duga sudah direncanakan. Tidak mungkin akan mudah begitu mengambil motor," ungkapnya.


-----

Artikel ini telah naik di detikBali dan bisa dibaca selengkapnya di sini.



Simak Video "Rekaman CCTV Motor Ojol di Cakung Dibawa Kabur Maling saat Salat Magrib"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/wsw)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA