Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Rabu, 30 Nov 2022 11:45 WIB

TRAVEL NEWS

Gunung Api Terbesar Dunia Meletus, di Mana Lokasinya?

bonauli
detikTravel
Mauna Loa: Gunungapi aktif terbesar di dunia meletus di Hawaii untuk pertama kalinya dalam kurun 40 tahun
Gunung berapi terbesar dunia, Mauna Loa (BBC World)
Big Island -

Gunung api terbesar dunia aktif kembali, setelah 38 tahun mati suri. Gunung ini bernama Mauna Loa.

Gunung Mauna Loa berada di Big Island, pulau utama Hawaii, Amerika Serikat. Dalam bahasa Hawaii, Gunung Mauna Loa disebut "Long Mountain" atau "Gunung Panjang" di Hawaii.

Gunung berapi ini berbentuk seperti perisai klasik yang ditandai dengan lereng yang luas dan bulat.

Gelar gunung api terbesar dunia bukan main-main, karena keberadaannya saja meliputi 51 persen dari Pulau Hawaii. Bayangkan, gunung ini membentang sekitar 120 km!

Gunung berapi ini memiliki ketinggian 4.169 meter di atas permukaan laut, dan memiliki luas lebih dari 5.179 km persegi.

Gunung ini erupsi pukul 23:30 waktu setempat pada Minggu (09:30 GMT Senin) di Moku'─üweoweo, kaldera puncak gunung berapi. Kaldera adalah cekungan besar yang terbentuk tak lama setelah pengosongan ruang dapur magma dalam erupsi eksplosif gunung berapi.

Erupsi ini merupakan rangkaian dari peringatan sebelumnya bahwa letusan mungkin terjadi setelah adanya rentetan gempa bumi, termasuk puluhan lindu yang dilaporkan pada hari Minggu saja.

Menurut Survei Geologi Amerika Serikat (USGS), tekanan di Gunung Mauna Loa yang terletak di Big Island, pulau utama di Hawaii ini telah meningkat selama bertahun-tahun. Laporan USGS menyebut erupsi gunung berapi aktif terbesar di dunia itu bisa dilihat dari jarak 72 kilometer jauhnya, tepatnya di kota Kona yang ada di pantai barat Big Island.

Dalam riwayat Gunung Mauna Loa, tercatat 33 kali letusan sejak 1843 silam, dengan rata-rata letusan setiap 5 tahun sekali. Sementara dalam jangka waktu yang lebih lama yakni 3.000 tahun terakhir, diperkirakan Gunung Mauna Loa meletus rata-rata setiap 6 tahun sekali.

Gunung Mauna Loa meletus terakhir kalinya pada tahun 1984 lalu. Letusan tahun 1984 itu berlangsung selama 22 hari hingga menghasilkan aliran lava yang mencapai jarak 7 km dari kota Hilo di Hawaii. Setelah letusan tahun 1984, gunung api aktif ini masuk periode tenang terpanjang, yakni selama 38 tahun.

Simak Video 'Gunung Mauna Loa Erupsi, AS Terbitkan Kode Merah Peringatan Penerbangan':

[Gambas:Video 20detik]



(bnl/bnl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA