Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Rabu, 30 Nov 2022 13:45 WIB

TRAVEL NEWS

Akuarium Terbesar Indonesia Segera Dibuka!

Gedung PIAMARI Pangandaran, akuarium terbesar di Indonesia.
PIAMARI (Aldi Nur Fadillah/detikJabar)
Pangandaran -

Keindahan bawah laut selalu menjadi atraksi wisata yang menarik. Jangan sedih, akhir tahun ini, akuarium terbesar di Indonesia akan segera dibuka.

Akuarium itu bernama Pangandaran Aquarium and Marine Research Institute (PIAMARI) di Pangandaran. PIAMRI akan segera dibuka menjelang akhir tahun 2022. Akuarium itu akan dibuka pertengahan bulan Desember 2022.

Diketahui, akuarium raksasa ini mulai dibangun tahun 2017 yang lalu. Pembangunan menghabiskan anggaran Rp 93 miliar yang berasal dari APBN.

Ada tiga gedung utama yang terdapat di PIAMARI di antaranya gedung akuarium, gedung riset dan gedung asrama bagi para mahasiswa atau staf yang melakukan penelitian. Serta terdapat terowongan yang dibuat dalam akuarium sepanjang 47,895 meter.

Selain itu terdapat akuarium teater setinggi 4,2 meter dan lebar 10 meter dengan panjang 32,58 meter. Kemudian terdapat akuarium sekolah dengan tinggi 7 meter dan diameter 5 meter.

Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata mengatakan akuarium terbesar di Indonesia ini akan dibuka pada 17 Desember 2022 mendatang.

"Kemarin saya teleponan dengan pihak PIAMARI kabarnya akan segera dibuka langsung oleh Menteri Kelautan dan Perikanan RI Sakti Wahyu Trenggono bulan depan," ucap Jeje. Selasa (29/11/2022).

Grand Opening PIAMARI Pangandaran akan langsung memperlihatkan suasana akuarium yang megah itu bersama Menteri Kelautan dan Perikanan.

"Memang sudah lama pembukaannya molor, karena beberapa permasalahan. Saat ini sudah bagus," katanya.

Jeje mengatakan PIAMARI akan menjadi potensi penarik kunjungan pariwisata ke Pangandaran. Akuarium bisa menjadi destinasi wisata baru.

"Bisa menjadi alternatif atau destinasi tambahan saat ke pantai Pangandaran. Karena jaraknya hanya 4,3 km atau 10 menit perjalanan darat melalui pantai timur dan melewati jembatan merah," katanya.

Namun pihaknya menyayangkan akses jalan menuju PIAMARI dari pelabuhan Cikidang masih berupa bebatuan dan pasir.

"Harus ada rehabilitasi dan perbaikan," ucapnya.

***

Artikel ini telah tayang di detikJabar. Baca berita selengkapnya di sini.



Simak Video "Suasana Pantai Pangandaran Penuh Warga Berlibur usai PPKM Dicabut"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/bnl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA