Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Jumat, 11 Nov 2022 06:36 WIB

TRAVEL NEWS

Dear Kang Emil, Jalan Rusak di Pangandaran Bikin Wisatawan Nggak Nyaman

Aldi Nur Fadilah
detikTravel
Jalan rusak di kawasan wisata Pangandaran
Foto: Jalan rusak di Pangandaran (Aldi Nur Fadilah/detikJabar)
Pangandaran -

Pangandaran termasuk daerah pariwisata unggulan di Jawa Barat. Tapi sayang, jalanan rusak bikin wisatawan nggak nyaman. Duh, bagaimana ini Kang Emil?

Pangandaran terkenal dengan pantainya. Namun di beberapa ruas jalan pantai masih terdapat jalan rusak. Selain jalan rusak beberapa akses jalan di sepanjang pantai barat Pangandaran terdapat banyak lubang.

Jika wisatawan sedang melakukan aktivitas jalan-jalan seperti menggunakan atv motor ataupun sepeda membuat tak nyaman, karena kerap kali harus melewati beberapa jalan berlubang.

Pantauan di lokasi, suasana pantai barat Pangandaran sudah dipenuhi wisatawan yang melakukan aktivitas berenang. Berangsur wisatawan masuk yang hendak mengisi akhir pekan.

Namun akses jalan di objek wisata pantai Pangandaran sedikit mengganggu pengendara yang harus menghindar dari jalan berlubang.

Jalan berlubang di PangandaranJalan berlubang di Pangandaran Foto: Aldi Nur Fadillah/detikJabar

Jalan yang rusak dan berlubang berada di depan hotel Laut Biru hingga depan kantor Balawista Pangandaran. Kemudian titik lainnya berada di bawah flyover dan depan Nanjung Asri pusat belanja wisatawan hingga hotel Krisna.

Beberapa jalan berlubang apabila hujan menggenang sehingga menyebabkan kubangan air yang cukup tinggi sekitar 30 cm sampai 50 cm.

Wisatawan asal Tasikmalaya Dzulfi (30) mengatakan seharusnya akses jalan wisata menjadi prioritas pembangunan. "Ya ini kan akses umum, dan dirasakan banyak orang harusnya jalannya bagus," kata Dzulfi saat berbincang.

Ia mengatakan kalo lagi rame pasti bakalan bikin macet wisatawan yang masuk apalagi jika jalan berlubang pasti banyak yang menghindar.

Wisatawan lainnya Fery (28) mengatakan, akses jalan yang berlubang memang tidak sepanjang jalan pantai. Namun ada beberapa titik. "Tapi bagi kami cukup ganggu, apalagi jika jalan berlubangnya tepat berada di tengah-tengah, kadang harus menghindar dan menyebabkan macet," ucapnya.

Warga Pangandaran Encep (45) mengatakan jalan berlubang di objek wisata pantai Pangandaran sudah lama tidak diperbaiki.

"Memang awalnya lubang-lubang kecil, tapi kan ini tempat wisata banyak dihadiri orang dari berbagai daerah, ibaratnya jadi wajah pariwisata harusnya diperbaiki segera," kata Encep.

Menurutnya jalan berlubang itu kalo turun hujan menggenang dan menjadi becek. "Apalagi kalo rame jadi penyebab kemacetan jalan," katanya.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Tonton Guntari mengatakan membenarkan adanya jalan rusak di sepanjang objek wisata pantai Pangandaran.

"Untuk pemeliharaan jalan itu kami sudah minta ke Dinas Pekerjaan Umum, Tata Ruang, Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Pangandaran. Namun belum kunjung diperbaiki," kata Tonton.

Menurutnya jalan rusak yang paling parah berada di depan hotel Villa Kuda sudah banyak wisatawan yang terjatuh dari kendaraan wisata. "Adapun kalo lagi rame menyebabkan kemacetan parah," ucapnya.


----

Artikel ini telah naik di detikJabar dan bisa dibaca selengkapnya di sini.



Simak Video "Pengendara Resahkan Jalan Berlubang di Jalan Rasuna Said: Nggak Nyaman"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/wsw)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA