Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Rabu, 30 Nov 2022 15:40 WIB

TRAVEL NEWS

Jadi Ikon Kota, Lift 73 Meter Akan Dibuka Saat Tour de Siak

Penampakan lift naik turun dan potret menara Jembatan Sultanah Latifah Siak (Raja/detikSumut)
Jembatan Tengku Agung Sultanah Latifah (Raja Adil Siregar)
Pekanbaru -

Siak punya ikon baru berupa lift setinggi 73 meter. Lift ini berada di Jembatan Tengku Agung Sultanah Latifah.

Lift 73 meter tersebut sebenarnya sudah rampung dikerjakan sejak 2021 lalu. Namun lift belum dibuka karena Peraturan Bupati tentang Retribusi tarif belum tuntas.

Untungnya, pada Tour de Siak nanti akan ada pengecualian. Lift ikonik itu akan dibuka untuk peserta dan tamu yang datang. Dari ketinggian 73 meter itulah nantinya keindahan kota dan sungai Siak dapat terlihat jelas.

Untuk ruang menara tercatat memiliki luas 17,2 meter kali 5,8 meter atau 99,76 meter persegi. Bahkan untuk bisa sampai puncak menara hanya membutuhkan waktu sekitar 1,22 menit saja.

"1,22 menit itu naik dari bawah sampai ke atas. Ketinggian 73 meter," terang Kepala Dinas PU Siak, Irving Kahar saat ditemui di lokasi, Rabu (30/11/2022).

Lift dibangun dengan kapasitas 1000 Kg atau 15 orang. Untuk luas kabin lift yakni 2,46 meter kali 1,03 meter atau 2,53 meter persegi.

"Lift bisa menampung 15 orang untuk satu kali naik dan turun. Memang lift jembatan ini didesain untuk penumpang," kata Irving.

Saat pelaksanaan Tour de Siak, Irving pun memastikan lift akan dibuka untuk peserta dan tamu. Bahkan terlihat lift sudah mulai naik turun dari bawah ke menara malam hari dengan pantulan cahaya lampu merah.

"Untuk jembatan sebenarnya sudah bisa digunakan. Namun kalau dibuka untuk umum harus ada Perbup, maka untuk event ini jembatan kita buka untuk tamu-tamu dan peserta," katanya.

Tour de Siak sendir akan dilaksanakan pada 1-4 Desember 2022 mendatang. Tour de Siak diawali dengan parade atlet dan opening ceremony pada 1 Desember 2022 di Kota Pusaka tersebut.

***

Artikel ini telah tayang di detikSumut. Baca artikel selengkapnya di sini.



Simak Video "Dramatis! Proses Evakuasi Anak Gajah dari Galian di Riau"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/bnl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA