Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Rabu, 30 Nov 2022 20:45 WIB

TRAVEL NEWS

Gunung Berapi Terbesar Dunia Meletus, yang Ditakutkan Rambut Pele

bonauli
detikTravel
HAWAII, UNITED STATES - NOVEMBER 29: (----EDITORIAL USE ONLY - MANDATORY CREDIT - UNITED STATES GEOLOGICAL SURVEY / HANDOUT - NO MARKETING NO ADVERTISING CAMPAIGNS - DISTRIBUTED AS A SERVICE TO CLIENTS----) A view from Mauna Loa, the worlds largest active volcano, began to erupt overnight, prompting authorities to open shelters as a precaution on November 29, 2022 in Hawaii, United States. (Photo by United States Geological Survey/Handout/Anadolu Agency via Getty Images)
Mauna Loa (Anadolu Agency via Getty Images/Anadolu Agency)
Big Island -

Gunung Mauna Loa meletus pada Senin (28/11) lalu. Sebagai gunung berapi terbesar di dunia, letusan Mauna Loa punya ciri khas tersendiri.

"Jangan khawatir tentang lahar. Tapi hati-hatilah dengan rambut dewi," itulah pesan dari pejabat pemerintah AS saat Mauna Loa meletus.

Gunung berapi aktif terbesar di dunia ini meletus kembali setelah tidur tenang selama hampir 4 dekade.

Dilansir dari Washington Post, lava yang keluar dari Mauna Loa tidak mengancam rumah. Tapi biasanya akan ada gelembung lava yang meledak, inilah yang berbahaya.

Ledakan lava akan membentuk untaian lava cari berwarna keemasan yang menyerupai rambut manusia. Fenomena ini disebut rambut Pele.

Rambut Pele dikaitkan dengan cerita rakyat Hawaii tentang Pelehonuamea, dewi gunung api dan api Hawaii. Dewi Pele konon memiliki kekuatan untuk menciptakan melalui kehancuran.

Rambut Pele, untaian lava dari Gunung berapi Mauna Loa di HawaiiRambut Pele, untaian lava dari Gunung berapi Mauna Loa di Hawaii Foto: (Getty Images/iStockphoto/JanosFMolnar)

"Kehadiran Dewi Pele dapat dirasakan oleh mereka yang mengunjungi domain vulkaniknya dan hidup di dalam hati dan pikiran mereka yang mengalami kekuatannya. Kehadiran Pelehonuamea tidak harus didekati dengan rasa takut, tetapi dengan rasa hormat," menurut National Park Service.

Dari kacamata sains, rambut Pele adalah produk sampingan dari proses geologis di mana gelembung gas di lava pecah dan mendingin dengan cepat. Ledakan gelembung meregangkan lava cair saat segera mendingin. Untaian halus yang dihasilkan dapat mencapai panjang beberapa kaki dan tebalnya sekitar satu mikron (0,001 milimeter).

Karena sangat ringan, rambut pele bisa terbawa angin. Meski terlihat seperti rambut, Layanan Taman Nasional memperingatkan bahwa rambut Pele adalah kaca.

"Meskipun rapuh, mereka juga tajam. Sebagai pecahan kaca kecil, mereka dapat bersarang di kulit manusia dan lebih buruk lagi, mata. Perhatian di sekitar serat diperlukan untuk menghindari cedera dari sliver," kata pejabat Park Service di situs web mereka.

Gunung Mauna Loa terletak di Big Island, Hawaii, Amerika Serikat. Puncak Mauna Loa berada di ketinggian 4.170 meter di atas permukaan laut, tetapi dasarnya berada di dasar laut. Jarak dari dasar ke puncak adalah 9.179 meter, berarti Mauna Loa lebih tinggi dari Gunung Everest.



Simak Video "Gunung Mauna Loa Erupsi, AS Terbitkan Kode Merah Peringatan Penerbangan"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/bnl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA