Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Kamis, 01 Des 2022 14:31 WIB

TRAVEL NEWS

28 Kuda-12 Kereta buat Iring-iringan Ngunduh Mantu Kaesang-Erina di Solo

Tara Wahyu NV
detikTravel
Kuda-kuda milik Mudjiono yang akan dipakai untuk kirab kereta pernikahan Kaesang-Erina di Solo, Kamis (1/12/2022).
Kuda-kuda milik Mudjiono yang akan dipakai untuk kirab kereta pernikahan Kaesang-Erina di Solo (Foto: Tara Wahyu NV/detikJateng)
Jakarta -

Iring-iringan atau kirab acara mantu Kaesang Pangarep dan Erina Sofia Gudono akan sangat meriah. Sebanyak 28 kuda dan 12 kereta akan menjadi pengiringnya.

Jadi, kuda-kuda yang akan dipakai dalam kirab pernikahan Kaesang-Erina di Solo itu milik Mudjiono Prasetyo. Begini penuturannya.

"Rencananya ada 28 kuda, 12 kereta akan ditarik oleh dua kuda per kereta dan enam kuda akan menarik satu kereta untuk Mas Kaesang," kata Mudjiono saat ditemui di rumahnya, Kelurahan Jajar, Laweyan, Solo, Kamis (1/12/2022).

Kereta yang digunakan yakni kereta kencana terbuka. Kereta itu dulu dipakai saat pernikahan Kahiyang Ayu, kakak Kaesang.

"Itu kereta kencana 12, terbuka dulu pernah dipakai Mbak Kahiyang," ungkapnya.

Mudjiono Prasetyo, pemilik kuda yang akan dipakai dalam kirab pernikahan Kaesang-Erina di Solo, Kamis (1/12/2022).Mudjiono Prasetyo, pemilik kuda yang akan dipakai dalam kirab pernikahan Kaesang-Erina di Solo (Foto: Tara Wahyu NV/detikJateng)

Ia menjelaskan tidak ada persiapan khusus jelang kirab ngunduh mantu pernikahan Kaesang dan Erina. Selama ini kudanya rutin diberi makan mineral dan sering dipakai untuk beraktivitas.

"Biasanya di Museum Keraton, kalau hari Minggu ya di CFD. Tapi biasanya kalau nggak ya di sebelah utara Pasar Klewer. Tidak ada persiapan khusus karena sering dipakai kudanya," jelasnya.

Mudjiono mengaku tidak ada permintaan khusus dari Presiden Jokowi maupun dari pihak calon pengantin.

"Beliau nggak mau diistimewakan, biasa aja. Nggak mau pakai kuda yang besar atau bagus, nggak. Pokoknya acara lancar," ucapnya.

Mudjiono memang tidak asing di keluarga Presiden Jokowi. Kuda-kuda milik Mudjiono menjadi langganan Jokowi sejak mendaftar sebagai calon Wali Kota Solo di KPU silam. Sejak saat itu, ia dipercaya keluarga Jokowi saat pernikahan Gibran, Kahiyang Ayu, hingga saat pernikahan Kaesang.

Artikel sudah tayang di detikJateng



Simak Video "Aksi Warga Jelang Kirab Pernikahan Kaesang-Erina: Balas-Membalas Lagu"
[Gambas:Video 20detik]
(msl/msl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA