Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Jumat, 02 Des 2022 05:02 WIB

TRAVEL NEWS

Pengacara Sebut Sambo Ongkosi Jet Pribadi buat Hendra, tapi Enggak Full

Tim detikcom
detikTravel
Ilustrasi private jet
Ilustrasi jet pribadi (Foto: Getty Images/iStockphoto/BongkarnThanyakij)
Jakarta -

Mantan Karo Paminal Propam Polri Hendra Kurniawan memakai private jet saat mengunjungi keluarga Brigadir Yosua Hutabarat (Josua) di Jambi. Kuasa hukum Hendra, Sahala Panjaitan, menyebut ongkosnya belum diganti oleh Ferdy Sambo.

Sahala membantah dugaan penggunaan private jet dibiayai oleh mafia judi. Sahala mengatakan private jet dibiayai oleh Ferdy Sambo sebesar Rp 200 juta dan uang pribadi Hendra Kurniawan Rp 300 juta.

"Ada framing sekan akan pak HK ke Jambi itu pakai private jet yang dibiayai oleh mafia judi, itu juga salah tidak benar. Itu yang membayar private jet itu, pake uang dari Pak Sambo 200 juta, dan dari pak HK keluar 300 juta," ujar Sahala kepada wartawan, Selasa (29/11/2022).

Sahala mengatakan saat itu kliennya beranggapan bahwa Sambo akan mengganti uang Rp 300 juta yang telah dipakai. Sahala lantas kembali menegaskan tidak adanya pembiayaan dari mafia judi.

"Yang mana pak HK beranggapan atau berharap Pak Sambo akan mengganti itu kembali. Jadi nggak benar itu ada dari mafia," tuturnya.

"Ini juga sebenarnya sudah diturunkan tim dari Bareskrim tipikor untuk memeriksa dan semua fakta-fakta sudah disampaikan ke tipikor Bareskrim," dia menambahkan.

Selain itu, dia juga menyebut bahwa Hendra Kurniawan tidak ikut mengantar jenazah Yosua ke Jambi. Sahala menuturkan kliennya datang setelah proses pemakaman selesai.

Harga Sewa Jet Pribadi

Sewa jet pribadi oleh Hendri untuk mendatangi keluarga Yosua sehari setelah pemakaman.

Menurut Sahala Hendra pergi menemui keluarga Yosua atas perintah Ferdy Sambo untuk menjawab permintaan pihak keluaga. Salah satunya terkait masalah perpindahan tugas adik Yosua dari Mabes Polri ke Jambi.

Sewa jet pribadi itu masuk dalam persidangan karena diduga ada gratifikasi dari mafia judi. Sebabnya, kepolisian tidak mungkin mengeluarkan dana sebesar itu untuk perjalanan dinas.

Berapa sih ongkos sewa jet pribadi itu? Pada September lauongkosnya belum diganti oleh Ferdy Sambo. lu pengamat Alvin Lie memperkirakan ongkos terbang jet pribadi yang digunakan Brigjen Hendra dari Jakarta ke Jambi untuk menemui keluarga Brigadir Yosua dengan T7-JAB sebesar USD 25-30 ribu per jam.

Sehingga, ongkos terbang Jakarta-Jambi-Jakarta diperkirakan sekitar Rp 1,2 miliar.

Ya, sejumlah persewaan jet pribadi mematok harga sesuai kebijakan masing-masing. Tetapi, perhitungan biasanya dikaitkan dengan waktu tempuh dan jenis pesawat yang digunakan.

***

Artikel ini juga tayang di detikNews. Selengkapnya klik di sini.

Simak juga video 'Kejanggalan Pembunuhan Yosua Hingga CCTV Kompleks Sambo Diputar di Sidang':

[Gambas:Video 20detik]



(fem/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA